Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012
Main Author: | RUSDIATI , FAJAR |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19547/1/4._halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/2/5.bab_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/3/6.bab_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/4/7.bab_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/7/8.bab_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/9/9.bab_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/10/10.daftar_pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/12/11.lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/25/2.naskah_publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/ |
ctrlnum |
19547 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19547/</relation><title>Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika
(Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012

</title><creator> RUSDIATI , FAJAR</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan pemahaman konsep segi empat siswa dengan penggunaan alat peraga benda manipulatif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan
Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Jatiroto yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan
lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini
dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa pada : 1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan sebesar 19,35% dan di akhir tindakan sebesar 64,52%, 2) kemampuan menyelesaikan masalah sebelum tindakan sebesar 25,8% dan di
akhir tindakan sebesar 74,19%, 3) kemampuan menyatakan ulang suatu konsep segi empat sebelum tindakan sebesar 9,68% dan di akhir tindakan sebesar 77,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan alat peraga benda
manipulatif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/1/4._halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/2/5.bab_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/3/6.bab_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/4/7.bab_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/7/8.bab_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/9/9.bab_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/10/10.daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/12/11.lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/25/2.naskah_publikasi.pdf</identifier><identifier> RUSDIATI , FAJAR (2012) Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080103</relation><recordID>19547</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
RUSDIATI , FAJAR |
title |
Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika
(Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19547/1/4._halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/2/5.bab_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/3/6.bab_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/4/7.bab_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/7/8.bab_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/9/9.bab_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/10/10.daftar_pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/12/11.lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/25/2.naskah_publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19547/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan pemahaman konsep segi empat siswa dengan penggunaan alat peraga benda manipulatif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan
Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Jatiroto yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan
lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini
dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa pada : 1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan sebesar 19,35% dan di akhir tindakan sebesar 64,52%, 2) kemampuan menyelesaikan masalah sebelum tindakan sebesar 25,8% dan di
akhir tindakan sebesar 74,19%, 3) kemampuan menyatakan ulang suatu konsep segi empat sebelum tindakan sebesar 9,68% dan di akhir tindakan sebesar 77,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan alat peraga benda
manipulatif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat.
|
id |
IOS2728.19547 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810721532149760 |
score |
17.538404 |