Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012

Main Author: RUSDIATI , FAJAR
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19547/1/4._halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/2/5.bab_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/3/6.bab_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/4/7.bab_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/7/8.bab_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/9/9.bab_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/10/10.daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/12/11.lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/25/2.naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/
ctrlnum 19547
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19547/</relation><title>Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika&#xD; (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012&#xD; &#xD; </title><creator> RUSDIATI , FAJAR</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan pemahaman konsep segi empat siswa dengan penggunaan alat peraga benda manipulatif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan&#xD; Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Jatiroto yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan&#xD; lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan&#xD; penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini&#xD; dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa pada : 1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan sebesar 19,35% dan di akhir tindakan sebesar 64,52%, 2) kemampuan menyelesaikan masalah sebelum tindakan sebesar 25,8% dan di&#xD; akhir tindakan sebesar 74,19%, 3) kemampuan menyatakan ulang suatu konsep segi empat sebelum tindakan sebesar 9,68% dan di akhir tindakan sebesar 77,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan alat peraga benda&#xD; manipulatif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/1/4._halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/2/5.bab_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/3/6.bab_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/4/7.bab_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/7/8.bab_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/9/9.bab_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/10/10.daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/12/11.lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19547/25/2.naskah_publikasi.pdf</identifier><identifier> RUSDIATI , FAJAR (2012) Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080103</relation><recordID>19547</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RUSDIATI , FAJAR
title Penggunaan Alat Peraga Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Pada Mata Pelajaran Matematika (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Ii Di Smp Negeri 2 Jatiroto Wonogiri) Tahun Ajaran 2011 / 2012
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/19547/1/4._halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/2/5.bab_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/3/6.bab_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/4/7.bab_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/7/8.bab_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/9/9.bab_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/10/10.daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/12/11.lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/25/2.naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19547/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan pemahaman konsep segi empat siswa dengan penggunaan alat peraga benda manipulatif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Jatiroto yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa pada : 1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan sebesar 19,35% dan di akhir tindakan sebesar 64,52%, 2) kemampuan menyelesaikan masalah sebelum tindakan sebesar 25,8% dan di akhir tindakan sebesar 74,19%, 3) kemampuan menyatakan ulang suatu konsep segi empat sebelum tindakan sebesar 9,68% dan di akhir tindakan sebesar 77,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan alat peraga benda manipulatif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segi empat.
id IOS2728.19547
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810721532149760
score 17.538404