Peningkatan Kecakapan Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Kartasura Tahun 2011/2012)

Main Author: KUSUMAWATI , NURLINA WIJAYA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19545/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/7/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/10/8._daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/12/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/
ctrlnum 19545
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19545/</relation><title>Peningkatan Kecakapan Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Kartasura Tahun 2011/2012) &#xD; &#xD; </title><creator> KUSUMAWATI , NURLINA WIJAYA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan matematika siswa dalam pembelajaran melalui pendekatan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 2 Kartasura. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecakapan matematika siswa melalui pendekatan pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari, 1) kecakapan menyajikan konsep matematika dalam berbagai representasi matematis sebelum dilakukan tindakan sebesar 28,20% dan di akhir tindakan mencapai 87,17%, 2) kecakapan meggunakan prosedur dalam pemecahan masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 38,46% dan di akhir tindakan mencapai 82,05%, 3) kecakapan memilih rumus yang tepat dalam pemecahan masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 30,76% dan di akhir tindakan mencapai 82,05%.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/2/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/4/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/7/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/9/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/10/8._daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/12/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19545/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> KUSUMAWATI , NURLINA WIJAYA (2012) Peningkatan Kecakapan Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Kartasura Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080051</relation><recordID>19545</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KUSUMAWATI , NURLINA WIJAYA
title Peningkatan Kecakapan Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Negeri 2 Kartasura Tahun 2011/2012)
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/19545/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/7/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/10/8._daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/12/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19545/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan matematika siswa dalam pembelajaran melalui pendekatan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 2 Kartasura. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecakapan matematika siswa melalui pendekatan pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari, 1) kecakapan menyajikan konsep matematika dalam berbagai representasi matematis sebelum dilakukan tindakan sebesar 28,20% dan di akhir tindakan mencapai 87,17%, 2) kecakapan meggunakan prosedur dalam pemecahan masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 38,46% dan di akhir tindakan mencapai 82,05%, 3) kecakapan memilih rumus yang tepat dalam pemecahan masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 30,76% dan di akhir tindakan mencapai 82,05%.
id IOS2728.19545
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810721525858304
score 17.538404