ctrlnum 19539
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19539/</relation><title>Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal)&#xD; &#xD; </title><creator>Utami, Rhisty Frida </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan&#xD; berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran&#xD; matematika melalui problem based instruction (PBI). Jenis penelitian ini&#xD; adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus.&#xD; Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 3&#xD; Warureja sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VII A yang&#xD; berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik&#xD; pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, catatan lapangan,&#xD; review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif&#xD; kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan&#xD; pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses&#xD; pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian&#xD; tindakan kelas tersebut antara lain 1) Adanya peningkatan kemampuan&#xD; berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari (1)&#xD; Sikap siswa yang mampu menyampaikan pendapat atas pertanyaan yang&#xD; diajukan meningkat dari 27,78% menjadi 72,22%, (2) Sikap siswa yang&#xD; mampu menjawab pertanyaan mengapa keputusan itu diambil meningkat&#xD; dari 19,44% menjadi 75%, (3) Sikap siswa yang terbuka terhadap&#xD; keputusan dan pendapat orang lain meningkat dari 33,33% menjadi&#xD; 72,22%, (4) Sikap siswa yang sanggup menyimak alasan-alasan mengapa&#xD; orang lain mendapat keputusan yang berbeda meningkat dari 30,55%&#xD; menjadi 75%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam&#xD; pembelajaran matematika meningkat dari 27,78% menjadi 77,78%.&#xD; Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran&#xD; dengan PBI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan&#xD; prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/1/HALAMAN_DEPAN_-_prytaan_%2B_kt_pngntar.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/10/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/11/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/19/LAMPIRAN_OK.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Utami, Rhisty Frida (2012) Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080323</relation><recordID>19539</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Utami, Rhisty Frida
title Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19539/1/HALAMAN_DEPAN_-_prytaan_%2B_kt_pngntar.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/10/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/19/LAMPIRAN_OK.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19539/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui problem based instruction (PBI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 3 Warureja sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VII A yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain 1) Adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari (1) Sikap siswa yang mampu menyampaikan pendapat atas pertanyaan yang diajukan meningkat dari 27,78% menjadi 72,22%, (2) Sikap siswa yang mampu menjawab pertanyaan mengapa keputusan itu diambil meningkat dari 19,44% menjadi 75%, (3) Sikap siswa yang terbuka terhadap keputusan dan pendapat orang lain meningkat dari 33,33% menjadi 72,22%, (4) Sikap siswa yang sanggup menyimak alasan-alasan mengapa orang lain mendapat keputusan yang berbeda meningkat dari 30,55% menjadi 75%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika meningkat dari 27,78% menjadi 77,78%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran dengan PBI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
id IOS2728.19539
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:55Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810721508032512
score 17.538404