Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal)
Main Author: | Utami, Rhisty Frida |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19539/1/HALAMAN_DEPAN_-_prytaan_%2B_kt_pngntar.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/19/LAMPIRAN_OK.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/ |
ctrlnum |
19539 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19539/</relation><title>Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal)

</title><creator>Utami, Rhisty Frida </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika melalui problem based instruction (PBI). Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 3
Warureja sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VII A yang
berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, catatan lapangan,
review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan
pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses
pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian
tindakan kelas tersebut antara lain 1) Adanya peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari (1)
Sikap siswa yang mampu menyampaikan pendapat atas pertanyaan yang
diajukan meningkat dari 27,78% menjadi 72,22%, (2) Sikap siswa yang
mampu menjawab pertanyaan mengapa keputusan itu diambil meningkat
dari 19,44% menjadi 75%, (3) Sikap siswa yang terbuka terhadap
keputusan dan pendapat orang lain meningkat dari 33,33% menjadi
72,22%, (4) Sikap siswa yang sanggup menyimak alasan-alasan mengapa
orang lain mendapat keputusan yang berbeda meningkat dari 30,55%
menjadi 75%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika meningkat dari 27,78% menjadi 77,78%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran
dengan PBI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/1/HALAMAN_DEPAN_-_prytaan_%2B_kt_pngntar.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/10/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/11/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/19/LAMPIRAN_OK.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19539/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Utami, Rhisty Frida (2012) Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080323</relation><recordID>19539</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Utami, Rhisty Frida |
title |
Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI)Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Warureja - Tegal) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19539/1/HALAMAN_DEPAN_-_prytaan_%2B_kt_pngntar.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/19/LAMPIRAN_OK.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19539/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika melalui problem based instruction (PBI). Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 3
Warureja sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VII A yang
berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, catatan lapangan,
review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan
pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses
pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian
tindakan kelas tersebut antara lain 1) Adanya peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari (1)
Sikap siswa yang mampu menyampaikan pendapat atas pertanyaan yang
diajukan meningkat dari 27,78% menjadi 72,22%, (2) Sikap siswa yang
mampu menjawab pertanyaan mengapa keputusan itu diambil meningkat
dari 19,44% menjadi 75%, (3) Sikap siswa yang terbuka terhadap
keputusan dan pendapat orang lain meningkat dari 33,33% menjadi
72,22%, (4) Sikap siswa yang sanggup menyimak alasan-alasan mengapa
orang lain mendapat keputusan yang berbeda meningkat dari 30,55%
menjadi 75%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika meningkat dari 27,78% menjadi 77,78%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran
dengan PBI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. |
id |
IOS2728.19539 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:55Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810721508032512 |
score |
17.538404 |