Hubungan Antara Peran Guru Pamong Dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Premana, Analya
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19530/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/8/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/13/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/15/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/
ctrlnum 19530
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19530/</relation><title>Hubungan Antara Peran Guru Pamong Dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>Premana, Analya</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui hubungan antara peran guru pamong dengan prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. 2)&#xD; Untuk mengetahui hubungan antara minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. 3) Untuk mengetahui hubungan antara peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi&#xD; Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam&#xD; penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP UMS yang berjumlah 150 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 105 mahasiswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang&#xD; digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Peran guru pamong berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 3,320 &gt; 2,000 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 2) Minat mahasiswa menjadi guru berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 3,693&gt;2,000 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 3) Peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru secara bersama-sama ber&#xD; berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 13,170 &gt; 3, 15 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. Berarti Peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru saling mendukung dalam menentukan prestasi program pengalaman lapangan. 4) Variabel peran guru pamong memberikan sumbangan efektif sebesar 23,60%. Variabel minat mahasiswa menjadi guru memberikan sumbangan efektif sebesar 32,30%. Jadi jumlah sumbangan efektif sebesar 55,90% sedangkan sedangkan sisanya 44,10% dipengaruhi variabel lain.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/5/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/7/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/8/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/13/09._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19530/15/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Premana, Analya (2012) Hubungan Antara Peran Guru Pamong Dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210070096</relation><recordID>19530</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Premana, Analya
title Hubungan Antara Peran Guru Pamong Dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19530/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/8/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/13/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/15/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19530/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui hubungan antara peran guru pamong dengan prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. 2) Untuk mengetahui hubungan antara minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. 3) Untuk mengetahui hubungan antara peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2008 FKIP UMS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2008 FKIP UMS yang berjumlah 150 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 105 mahasiswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Peran guru pamong berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,320 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Minat mahasiswa menjadi guru berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,693>2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru secara bersama-sama ber berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 13,170 > 3, 15 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Berarti Peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru saling mendukung dalam menentukan prestasi program pengalaman lapangan. 4) Variabel peran guru pamong memberikan sumbangan efektif sebesar 23,60%. Variabel minat mahasiswa menjadi guru memberikan sumbangan efektif sebesar 32,30%. Jadi jumlah sumbangan efektif sebesar 55,90% sedangkan sedangkan sisanya 44,10% dipengaruhi variabel lain.
id IOS2728.19530
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:58Z
recordtype dc
_version_ 1765810721473429504
score 17.538404