Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Sukoharjo Kelas VII H Semester GenapTahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Aminah, Yuliana Siti
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19522/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/25/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/
ctrlnum 19522
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19522/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep &#xD; (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Sukoharjo Kelas VII H Semester GenapTahun Ajaran 2011/2012) &#xD; &#xD; </title><creator> Aminah, Yuliana Siti </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan metode Advane Organizer dengan peta konsep untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang: 1) mendiskusikan soal latihan terkontrol, dari sebelum tindakan 37,50% menjadi 53,12% pada akhir tindakan, 2) menjawab pertanyaan dari guru , dari sebelum tindakan 25,00% menjadi 56,25% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal latihan mandiri, dari sebelum tindakan 34,37% menjadi 75,00% pada akhir tindakan.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/10/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/16/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19522/25/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Aminah, Yuliana Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Sukoharjo Kelas VII H Semester GenapTahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080203</relation><recordID>19522</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Aminah, Yuliana Siti
title Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep (PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 5 Sukoharjo Kelas VII H Semester GenapTahun Ajaran 2011/2012)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19522/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/25/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19522/
contents Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan metode Advane Organizer dengan peta konsep untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas VII H SMP Negeri 5 Sukoharjo. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang: 1) mendiskusikan soal latihan terkontrol, dari sebelum tindakan 37,50% menjadi 53,12% pada akhir tindakan, 2) menjawab pertanyaan dari guru , dari sebelum tindakan 25,00% menjadi 56,25% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal latihan mandiri, dari sebelum tindakan 34,37% menjadi 75,00% pada akhir tindakan.
id IOS2728.19522
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:58Z
recordtype dc
_version_ 1765810721452457984
score 17.538404