Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanggede)

Main Author: Hastuti, Endang Dwi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19511/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/13/LAMPIRAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/
ctrlnum 19511
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19511/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika &#xD; (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanggede) &#xD; &#xD; </title><creator> Hastuti, Endang Dwi </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran poster session pada siswa kelas VIII C SMP Negeri I Karanggede. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 5 tahapan dasar yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi,wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Subjek pemberi tindakan adalah Guru mata pelajaran matematika kelas VIII C SMP Negeri I Karanggede, sedangkan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 36 siswa. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu aliran data dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap indikator dari pemahaman konsep dan komunikasi siswa yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata atau dalam kehidupan sehari-hari meningkat dari (13,9%) menjadi (72,2%), 2) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep meningkat dari (16,7%) menjadi (80,6%), 3) Kemampuan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari (8,3%) menjadi (44,4%), 4) Kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman meningkat dari (0%) menjadi (33,3%), 5) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain atau guru meningkat dari (8,3%) menjadi (50%), 6) Kemampuan siswa dalam bekerja kelompok atau berdiskusi meningkat dari (11,1%) menjadi (88,8%). Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/13/LAMPIRAN_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19511/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Hastuti, Endang Dwi (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanggede). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080028</relation><recordID>19511</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hastuti, Endang Dwi
title Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanggede)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19511/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/13/LAMPIRAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19511/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran poster session pada siswa kelas VIII C SMP Negeri I Karanggede. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari 5 tahapan dasar yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi,wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Subjek pemberi tindakan adalah Guru mata pelajaran matematika kelas VIII C SMP Negeri I Karanggede, sedangkan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C yang terdiri dari 36 siswa. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu aliran data dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap indikator dari pemahaman konsep dan komunikasi siswa yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata atau dalam kehidupan sehari-hari meningkat dari (13,9%) menjadi (72,2%), 2) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep meningkat dari (16,7%) menjadi (80,6%), 3) Kemampuan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari (8,3%) menjadi (44,4%), 4) Kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman meningkat dari (0%) menjadi (33,3%), 5) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain atau guru meningkat dari (8,3%) menjadi (50%), 6) Kemampuan siswa dalam bekerja kelompok atau berdiskusi meningkat dari (11,1%) menjadi (88,8%). Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika.
id IOS2728.19511
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:58Z
recordtype dc
_version_ 1765810721414709248
score 17.538404