Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono)
Main Author: | Giarti, Iis |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19495/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/ |
ctrlnum |
19495 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19495/</relation><title>Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika
(PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono)

</title><creator>Giarti, Iis </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan pemahaman
konsep dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi panjang dan
persegi dengan strategi Scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2
Banyudono yang berjumlah 35 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti dan
guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data
menggunakan metode alur yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan
verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan
pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.
Hal ini dapat dilihat dari: 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran sebelum
tindakan 31,43% dan di akhir tindakan 82,86%, 2) memperhatikan penjelasan
guru sebelum tindakan 34,29% dan di akhir tindakan 85,71%, 3) antusias siswa
dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11,43% dan di akhir
tindakan 54,29%, 4) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru
sebelum tindakan 17,14% dan di akhir tindakan 74,29%, 5) kemampuan siswa
mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan
71,43%, 6) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep pada permasalahan yang
tepat sebelum tindakan 22,86% dan di akhir tindakan 77,14%, 7) kemampuan
siswa dalam memberi tanggapan atas jawaban siswa yang lain sebelum tindakan
8,57% dan di akhir tindakan 54,29%, 8) kemampuan siswa dalam membuat
kesimpulan sebelum tindakan 28,57% dan di akhir tindakan 82,86%. Kesimpulan
penelitian ini adalah dengan strategi Scramble dapat meningkatkan motivasi dan
pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi
panjang dan persegi.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Giarti, Iis (2012) Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080181</relation><recordID>19495</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Giarti, Iis |
title |
Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika
(PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19495/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19495/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan pemahaman
konsep dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi panjang dan
persegi dengan strategi Scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2
Banyudono yang berjumlah 35 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti dan
guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data
menggunakan metode alur yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan
verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan
pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.
Hal ini dapat dilihat dari: 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran sebelum
tindakan 31,43% dan di akhir tindakan 82,86%, 2) memperhatikan penjelasan
guru sebelum tindakan 34,29% dan di akhir tindakan 85,71%, 3) antusias siswa
dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11,43% dan di akhir
tindakan 54,29%, 4) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru
sebelum tindakan 17,14% dan di akhir tindakan 74,29%, 5) kemampuan siswa
mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan
71,43%, 6) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep pada permasalahan yang
tepat sebelum tindakan 22,86% dan di akhir tindakan 77,14%, 7) kemampuan
siswa dalam memberi tanggapan atas jawaban siswa yang lain sebelum tindakan
8,57% dan di akhir tindakan 54,29%, 8) kemampuan siswa dalam membuat
kesimpulan sebelum tindakan 28,57% dan di akhir tindakan 82,86%. Kesimpulan
penelitian ini adalah dengan strategi Scramble dapat meningkatkan motivasi dan
pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi
panjang dan persegi. |
id |
IOS2728.19495 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:54Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810721360183296 |
score |
17.538404 |