ctrlnum 19495
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19495/</relation><title>Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika&#xD; (PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono)&#xD; &#xD; </title><creator>Giarti, Iis </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan pemahaman&#xD; konsep dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi panjang dan&#xD; persegi dengan strategi Scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan&#xD; kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2&#xD; Banyudono yang berjumlah 35 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti dan&#xD; guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data dilakukan melalui&#xD; observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data&#xD; menggunakan metode alur yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan&#xD; verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan&#xD; pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.&#xD; Hal ini dapat dilihat dari: 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran sebelum&#xD; tindakan 31,43% dan di akhir tindakan 82,86%, 2) memperhatikan penjelasan&#xD; guru sebelum tindakan 34,29% dan di akhir tindakan 85,71%, 3) antusias siswa&#xD; dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11,43% dan di akhir&#xD; tindakan 54,29%, 4) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru&#xD; sebelum tindakan 17,14% dan di akhir tindakan 74,29%, 5) kemampuan siswa&#xD; mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan&#xD; 71,43%, 6) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep pada permasalahan yang&#xD; tepat sebelum tindakan 22,86% dan di akhir tindakan 77,14%, 7) kemampuan&#xD; siswa dalam memberi tanggapan atas jawaban siswa yang lain sebelum tindakan&#xD; 8,57% dan di akhir tindakan 54,29%, 8) kemampuan siswa dalam membuat&#xD; kesimpulan sebelum tindakan 28,57% dan di akhir tindakan 82,86%. Kesimpulan&#xD; penelitian ini adalah dengan strategi Scramble dapat meningkatkan motivasi dan&#xD; pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi&#xD; panjang dan persegi.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19495/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Giarti, Iis (2012) Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080181</relation><recordID>19495</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Giarti, Iis
title Penerapan Strategi Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Di Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Banyudono)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19495/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19495/
contents Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi dengan strategi Scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2 Banyudono yang berjumlah 35 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode alur yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran sebelum tindakan 31,43% dan di akhir tindakan 82,86%, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 34,29% dan di akhir tindakan 85,71%, 3) antusias siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11,43% dan di akhir tindakan 54,29%, 4) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 17,14% dan di akhir tindakan 74,29%, 5) kemampuan siswa mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan 71,43%, 6) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep pada permasalahan yang tepat sebelum tindakan 22,86% dan di akhir tindakan 77,14%, 7) kemampuan siswa dalam memberi tanggapan atas jawaban siswa yang lain sebelum tindakan 8,57% dan di akhir tindakan 54,29%, 8) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum tindakan 28,57% dan di akhir tindakan 82,86%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan strategi Scramble dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi panjang dan persegi.
id IOS2728.19495
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:55Z
recordtype dc
_version_ 1765810721360183296
score 17.538404