Peningkatan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri Gondangrejo)

Main Author: Riyanto, Rudi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19493/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/9/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19493/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi dan pemahaman konsep belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang dalam pembelajaran matematika melalui strategi aptitude treatment intraction. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-G MTs Negeri Gondangrejo yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data di lakukan dengan cara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari : 1) kesiapan siswa mengikuti pelajaran sebelum di adakan tindakan sebesar 30,56% dan di akhir putaran mencapai 72,22%, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum di adakan tindakan sebesar 47,22%, dan di akhir putaran sebesar 83,33%, 3) semangat mengerjakan soal latihan dari guru sebelum di adakan putaran sebesar 44,44%, dan di akhir tindakan sebesar 80,56%, 4) antusiasme siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum di adakan tindakan sebesar 13,89%, dan di akhir tindakan mencapai 52,78%. Peningkatan pemahaman konsep belajar siswa dapat dilihat dari : 1) siswa yang berani mengemukakan ide sebelum di adakan tindakan sebesar 5,56% dan di akhir putaran sebesar 72,22%, 2) siswa yang mampu menjawab pertanyaan sebelum di adakan tindakan sebanyak 13,89% dan di akhir putaran sebanyak 91,67%, 3) siawa yang berani mengajukan pertanyaan atau tanggapan kepada guru sebelum di dakan tindakan sebesar 2,78% dan di akhir putaran sebanyak 58,33%, 4) siswa yang berani menyanggah atau menyetujui jawaban siswa atau kelompok lain sebelum di adakan tindakan sebesar 8,33% dan di akhir putaran sebesar 61,11%, 5) siswa yang dapat mengkontruksikan soal kedalam model matematika sebelum di adakan tindakan sebesar 30,58 dan di akhir putaran sebanyak 94,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran aptitude treatment interaction dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajar matematika