Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Jurusan Ekonomi Akuntansi Kelas XI SMK Pancasila 8 Slogohimo Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Danar Ariyono, Raditya
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19473/1/02._HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/7/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/9/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/15/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/16/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19473/
Daftar Isi:
  • tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar kewirausahaan, 2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar kewirausahaan, 3) pengaruh persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar kewirausahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Pancasila 8 Slogohimo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 117 siswa dengan sampel sebanyak 90 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier ganda, uji t, uji f, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 53,160 + 0,431X1 + 0,457X2, artinya hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,812 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 2) kemandirian belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,256 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan. Berdasarkan uji f diperoleh > yaitu 5,963 > 3,101, dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel persepsi siswa atas kemampuan guru dalam pengelolaan kelas memberikan sumbangan efektif 21,9% dan sumbangan relatif 51%, variabel kemandirian belajar siswa memberikan sumbangan efektif 22,3% dan sumbangan relatif 49%. Sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 44,2% sedangkan sisanya 55,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.