ctrlnum 19470
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19470/</relation><title>Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar(Studi Kasus Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Surakarta)&#xD; &#xD; </title><creator>Setyawan, Indra </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase letak&#xD; kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok&#xD; bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Kesalahan yang dilakukan siswa meliputi&#xD; kesalahan dalam menerapkan konsep, kesalahan dalam menentukan rumus dan&#xD; kesalahan dalam perhitungan pada pembelajaran matematika kelas VII di SMP&#xD; Muhammadiyah 1 Surakarta tahun 2011/2012. Informan dalam penelitian ini&#xD; adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Data yang dikumpulkan&#xD; melalui 2 metode yaitu metode pokok dengan tes dan metode bantu dengan&#xD; wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 3&#xD; alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian&#xD; menunjukkan bahwa persentase kesalahan dalam menerapkan konsep sebesar&#xD; 65% tergolong tinggi, kesalahan dalam menentukan rumus sebesar 77% tergolong&#xD; tinggi dan kesalahan dalam perhitungan sebesar 87% tergolong sangat tinggi. Dari&#xD; data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, wawancara,&#xD; observasi dan dokumentasi terlihat bahwa kesalahan dalam perhitungan&#xD; merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/13/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/14/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/15/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19470/17/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Setyawan, Indra (2012) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar(Studi Kasus Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080150</relation><recordID>19470</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Setyawan, Indra
title Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar(Studi Kasus Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Surakarta)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19470/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/14/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/15/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/17/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19470/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan dalam menerapkan konsep, kesalahan dalam menentukan rumus dan kesalahan dalam perhitungan pada pembelajaran matematika kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun 2011/2012. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Data yang dikumpulkan melalui 2 metode yaitu metode pokok dengan tes dan metode bantu dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan dalam menerapkan konsep sebesar 65% tergolong tinggi, kesalahan dalam menentukan rumus sebesar 77% tergolong tinggi dan kesalahan dalam perhitungan sebesar 87% tergolong sangat tinggi. Dari data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, wawancara, observasi dan dokumentasi terlihat bahwa kesalahan dalam perhitungan merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa.
id IOS2728.19470
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:53Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:54Z
recordtype dc
_version_ 1765810721278394368
score 17.538404