Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Card Sort Dengan Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dalam Proses Pembelajaran PKN Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Dan Ideologi Negara Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun 2011

Main Author: Retnowati , Kartika
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19464/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/12/LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/15/Karya_iLMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19464/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Andong Boyolali tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Andong Boyolali yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknih pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi ,wawancara dan angket (kuesioner). Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, yang kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara maupun angket. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan minat belasjar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara mengalami peningkatan sebesar 75% dari 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara di kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Andong Boyolali tahun 2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang minat mengikuti pelajaran sebanyak 6 siswa (24%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz pada proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara diperoleh hasil yaitu siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 12 siswa (48%), siklus II meningkat menjadi 19 siswa (76%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz dapat Meningkatkan Minat belajar dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali tahun 2011”. terbukti dan dapat diterima kebenarannya.