Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali)
Main Author: | Akatdianto, Amin |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19444/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/2/2._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/4/3._BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/5/4._BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/7/5._BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/9/6._BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/11/7._daftar_pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/13/8._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/ |
ctrlnum |
19444 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19444/</relation><title>Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali)

</title><creator>Akatdianto, Amin </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan
tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada
materi bangun datar (segitiga) melalui strategi pembelajaran Course Review
Hooray . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian
yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit Boyolali
yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah tanggung jawab dan
prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar
matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator tanggung jawab dan
prestasi belajar matematika meliputi: 1) Siswa yang melaksanakan dan
menyelesaikan tugas dalam mengikuti pembelajaran sebelum dilakukan tindakan
sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat
menjadi 12 siswa (33,3 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 29 siswa
(80,55 %). 2) Siswa yang Mau menerima akibat dari perbuatannya sebelum
dilakukan tindakan sebanyak 7 siswa (20,59%). Setelah dilakukan tindakan pada
putaran I meningkat menjadi 14 siswa (38,89 %). Dan pada putaran II meningkat
menjadi 33 siswa (91,67 %), dan siswa yang nilainya lebih dari KKM sebelum
tindakan sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I
meningkat menjadi 10 siswa (27,78 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi
30 siswa (83,33%). Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan
strategi pembelajaran Course Review Hooray dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/2/2._BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/4/3._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/5/4._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/7/5._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/9/6._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/11/7._daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/13/8._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Akatdianto, Amin (2012) Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080127</relation><recordID>19444</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Akatdianto, Amin |
title |
Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19444/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/2/2._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/4/3._BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/5/4._BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/7/5._BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/9/6._BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/11/7._daftar_pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/13/8._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19444/ |
contents |
Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan
tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada
materi bangun datar (segitiga) melalui strategi pembelajaran Course Review
Hooray . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian
yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit Boyolali
yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah tanggung jawab dan
prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar
matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator tanggung jawab dan
prestasi belajar matematika meliputi: 1) Siswa yang melaksanakan dan
menyelesaikan tugas dalam mengikuti pembelajaran sebelum dilakukan tindakan
sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat
menjadi 12 siswa (33,3 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 29 siswa
(80,55 %). 2) Siswa yang Mau menerima akibat dari perbuatannya sebelum
dilakukan tindakan sebanyak 7 siswa (20,59%). Setelah dilakukan tindakan pada
putaran I meningkat menjadi 14 siswa (38,89 %). Dan pada putaran II meningkat
menjadi 33 siswa (91,67 %), dan siswa yang nilainya lebih dari KKM sebelum
tindakan sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I
meningkat menjadi 10 siswa (27,78 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi
30 siswa (83,33%). Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan
strategi pembelajaran Course Review Hooray dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika. |
id |
IOS2728.19444 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:53Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:54Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810721176682496 |
score |
17.538404 |