Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali)

Main Author: Akatdianto, Amin
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19444/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/2/2._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/4/3._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/5/4._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/7/5._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/9/6._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/11/7._daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/13/8._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/
ctrlnum 19444
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19444/</relation><title>Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali)&#xD; &#xD; </title><creator>Akatdianto, Amin </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan&#xD; tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada&#xD; materi bangun datar (segitiga) melalui strategi pembelajaran Course Review&#xD; Hooray . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian&#xD; yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit Boyolali&#xD; yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah tanggung jawab dan&#xD; prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui&#xD; observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data&#xD; dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data&#xD; menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil&#xD; penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar&#xD; matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator tanggung jawab dan&#xD; prestasi belajar matematika meliputi: 1) Siswa yang melaksanakan dan&#xD; menyelesaikan tugas dalam mengikuti pembelajaran sebelum dilakukan tindakan&#xD; sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat&#xD; menjadi 12 siswa (33,3 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 29 siswa&#xD; (80,55 %). 2) Siswa yang Mau menerima akibat dari perbuatannya sebelum&#xD; dilakukan tindakan sebanyak 7 siswa (20,59%). Setelah dilakukan tindakan pada&#xD; putaran I meningkat menjadi 14 siswa (38,89 %). Dan pada putaran II meningkat&#xD; menjadi 33 siswa (91,67 %), dan siswa yang nilainya lebih dari KKM sebelum&#xD; tindakan sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I&#xD; meningkat menjadi 10 siswa (27,78 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi&#xD; 30 siswa (83,33%). Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan&#xD; strategi pembelajaran Course Review Hooray dalam pembelajaran matematika&#xD; dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/2/2._BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/4/3._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/5/4._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/7/5._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/9/6._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/11/7._daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/13/8._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Akatdianto, Amin (2012) Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080127</relation><recordID>19444</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Akatdianto, Amin
title Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Prestasi Belajar (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19444/1/1._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/2/2._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/4/3._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/5/4._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/7/5._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/9/6._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/11/7._daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/13/8._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19444/
contents Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar (segitiga) melalui strategi pembelajaran Course Review Hooray . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sawit Boyolali yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah tanggung jawab dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator tanggung jawab dan prestasi belajar matematika meliputi: 1) Siswa yang melaksanakan dan menyelesaikan tugas dalam mengikuti pembelajaran sebelum dilakukan tindakan sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat menjadi 12 siswa (33,3 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 29 siswa (80,55 %). 2) Siswa yang Mau menerima akibat dari perbuatannya sebelum dilakukan tindakan sebanyak 7 siswa (20,59%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat menjadi 14 siswa (38,89 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 33 siswa (91,67 %), dan siswa yang nilainya lebih dari KKM sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (14,71%). Setelah dilakukan tindakan pada putaran I meningkat menjadi 10 siswa (27,78 %). Dan pada putaran II meningkat menjadi 30 siswa (83,33%). Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Course Review Hooray dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika.
id IOS2728.19444
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:53Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:54Z
recordtype dc
_version_ 1765810721176682496
score 17.538404