Peningkatan Kedisiplinan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Modelling The Way (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 2 Manyaran Tahun 2011/ 2012)

Main Author: Sulistiani, Okta
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19429/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/18/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/20/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19429/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Modelling The Way pada materi Lingkaran. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian kedisiplinan belajar matematika meningkat. Peningkatan kedisiplinan di amati dari 1) siswa yang menyelesaikan tugas tepat waktu sebelum tindakan 17,24% dan setelah tindakan 68,96%, 2) siswa yang datang di kelas pada saat pelajaran matematika tepat waktu sebelum tindakan 34,48% dan setelah tindakan 86,21%, 3) siswa yang menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu sebelum tindakan 10,34% dan setelah tindakan 65,52%.