ctrlnum 19414
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19414/</relation><title>Studi Tentang Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 Ditinjau Dari Kualitas Pergaulan Dan Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009&#xD; </title><creator>Nugroho, Lukmono Urip</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pergaulan mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2; 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh kreativitas mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2; 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pergaulan dan kreativitas mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi&#xD; Keuangan 2. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa&#xD; program studi pendidikan akuntansi angkatan 2009 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 235 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 59 mahasiswa.&#xD; Metode yang digunakan untuk memperoleh data sampel dengan cara menggunakan angket dan dokumentasi. Uji yang digunakan sebelum analisis data adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah itu dianalisis dengan uji normalitas, linearitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, Uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi linear berganda memperoleh persamaan regresi: Y =&#xD; 0,686 + 0,037X1 + 0,034X2. Persamaan ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pergaulan dan kreativitas mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 dapat diambil kesimpulan bahwa 1) Ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pergaulan mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,181 &gt; 2,003 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan efektif sebesar 19,8%; 2) Ada pengaruh positif dan signifikan kreativitas terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,176 &gt; 2,003 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,034, dengan sumbangan efektif sebesar 19,8%; 3) Ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pergaulan dan kreativitas mahasiswa&#xD; terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 18,320 &gt; 3,162 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. Hasil uji koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,396 atau 39,6% menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pergaulan dan kreativitas mahasiswa terhadap prestasi&#xD; belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 adalah sebesar 0,396 atau 39,6%, sedangkan sisanya 60,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/16/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19414/18/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf</identifier><identifier> Nugroho, Lukmono Urip (2012) Studi Tentang Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 Ditinjau Dari Kualitas Pergaulan Dan Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080092</relation><recordID>19414</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Nugroho, Lukmono Urip
title Studi Tentang Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 Ditinjau Dari Kualitas Pergaulan Dan Kreativitas Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19414/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/18/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19414/
contents Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pergaulan mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2; 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh kreativitas mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2; 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pergaulan dan kreativitas mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2009 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 235 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 59 mahasiswa. Metode yang digunakan untuk memperoleh data sampel dengan cara menggunakan angket dan dokumentasi. Uji yang digunakan sebelum analisis data adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah itu dianalisis dengan uji normalitas, linearitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, Uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi linear berganda memperoleh persamaan regresi: Y = 0,686 + 0,037X1 + 0,034X2. Persamaan ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pergaulan dan kreativitas mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 dapat diambil kesimpulan bahwa 1) Ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pergaulan mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,181 > 2,003 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan efektif sebesar 19,8%; 2) Ada pengaruh positif dan signifikan kreativitas terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,176 > 2,003 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,034, dengan sumbangan efektif sebesar 19,8%; 3) Ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pergaulan dan kreativitas mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 18,320 > 3,162 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Hasil uji koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,396 atau 39,6% menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pergaulan dan kreativitas mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 adalah sebesar 0,396 atau 39,6%, sedangkan sisanya 60,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.19414
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:47Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:53Z
recordtype dc
_version_ 1765810720823312384
score 17.538404