ctrlnum 19412
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19412/</relation><title>Pengaruh Bimbingan Konseling Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012 &#xD; </title><creator>Widyasari, Devie</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012; 2) Mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012; 3) Mengetahui pengaruh bimbingan konseling dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang bermasalah di kelas XI SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 78 orang siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 85,856 + 0,277X1 + 0,313X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh bimbingan konseling dan kedisiplinan belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) &#x201C;Ada pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012&#x201D;, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,319 &gt; 1,992 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,004 dengan sumbangan efektif sebesar 20,26%. 2) &#x201E;&#x201E;Ada pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012&#x201D;, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 3,144 &gt; 1,992 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 26,74%. 3) &#x201C;Ada pengaruh bimbingan konseling dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012&#x201D;, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 11,439 &gt; 3,119 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,470 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh bimbingan konseling dan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa adalah sebesar 47%, sedangkan 53% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19412/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Widyasari, Devie (2012) Pengaruh Bimbingan Konseling Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080027</relation><recordID>19412</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Widyasari, Devie
title Pengaruh Bimbingan Konseling Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19412/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19412/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012; 2) Mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012; 3) Mengetahui pengaruh bimbingan konseling dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang bermasalah di kelas XI SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 78 orang siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 85,856 + 0,277X1 + 0,313X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh bimbingan konseling dan kedisiplinan belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Ada pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012”, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,319 > 1,992 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004 dengan sumbangan efektif sebesar 20,26%. 2) „„Ada pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012”, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,144 > 1,992 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 26,74%. 3) “Ada pengaruh bimbingan konseling dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada SMA Negeri I Jatisrono Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012”, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,439 > 3,119 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,470 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh bimbingan konseling dan kedisiplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa adalah sebesar 47%, sedangkan 53% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.19412
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:47Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:53Z
recordtype dc
_version_ 1765810720812826624
score 17.538404