ctrlnum 19337
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19337/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA&#xD; Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012&#xD; </title><creator>Cahyani, Dian</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk&#xD; mengetahui peningkatan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun 2011/2012 melalui penerapan metode pembelajaran Word Square pada materi&#xD; pokok gaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan 13 siswa kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2)&#xD; siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 38,46% (5 siswa) mendapat nilai &#x2265;65 (KKM) dari 13 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 61,54% (8 siswa) mendapat nilai &#xF0B3; 65 (KKM) dari 13 siswa. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 23,08% dari siklus I menjadi 84,62% (11 siswa) mendapat nilai &#x2265; 65 (KKM) dari 13 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I&#xD; Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/5/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/6/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/7/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/9/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/13/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/14/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Cahyani, Dian (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080205</relation><recordID>19337</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Cahyani, Dian
title Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19337/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/5/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/9/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/13/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/14/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19337/
contents Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun 2011/2012 melalui penerapan metode pembelajaran Word Square pada materi pokok gaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan 13 siswa kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 38,46% (5 siswa) mendapat nilai ≥65 (KKM) dari 13 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 61,54% (8 siswa) mendapat nilai  65 (KKM) dari 13 siswa. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 23,08% dari siklus I menjadi 84,62% (11 siswa) mendapat nilai ≥ 65 (KKM) dari 13 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.
id IOS2728.19337
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:46Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:47Z
recordtype dc
_version_ 1765810720297975808
score 17.538404