Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Cahyani, Dian |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19337/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/5/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/6/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/7/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/14/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/ |
ctrlnum |
19337 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19337/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012
</title><creator>Cahyani, Dian</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun 2011/2012 melalui penerapan metode pembelajaran Word Square pada materi
pokok gaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan 13 siswa kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2)
siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 38,46% (5 siswa) mendapat nilai ≥65 (KKM) dari 13 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 61,54% (8 siswa) mendapat nilai  65 (KKM) dari 13 siswa. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 23,08% dari siklus I menjadi 84,62% (11 siswa) mendapat nilai ≥ 65 (KKM) dari 13 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I
Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/5/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/6/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/7/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/9/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/13/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19337/14/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Cahyani, Dian (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080205</relation><recordID>19337</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Cahyani, Dian |
title |
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Dengan Metode Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN I Joho Kecamatan Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19337/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/4/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/5/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/6/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/7/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/14/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19337/ |
contents |
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun 2011/2012 melalui penerapan metode pembelajaran Word Square pada materi
pokok gaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan 13 siswa kelas IV SD Negeri I Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2)
siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 38,46% (5 siswa) mendapat nilai ≥65 (KKM) dari 13 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 61,54% (8 siswa) mendapat nilai 65 (KKM) dari 13 siswa. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 23,08% dari siklus I menjadi 84,62% (11 siswa) mendapat nilai ≥ 65 (KKM) dari 13 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri I
Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. |
id |
IOS2728.19337 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:46Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810720297975808 |
score |
17.538404 |