Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Make A Match ( Mencari Pasangan ) Pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Tumbuhan Pada Siswa Kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Listiani, Ana
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19322/1/03._halaman_judul.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/4/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/5/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/8/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/9/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/11/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/13/02.artikel.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19322/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak tumbuhan dengan penerapan strategi pembelajaran Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif), sikap keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif). Penelitian ini diawali dengan menerapkan strategi pembelajaran Make a Match dilanjutkan mencari pasangan dan diakhiri post test pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai awal rata-rata hasil belajar siswa 53,84 (24%), Pada siklus I aspek kognitif 69,20 (56%), sedangkan aspek afektif 14 (56%), kategori berminat. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif 81,20 (76%), aspek afektif meningkat menjadi 18 (72%), kategori sangat berminat. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.