Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012
Main Author: | SUPRAPTI, SUPRAPTI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/15/JURNAL.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/ |
ctrlnum |
19314 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19314/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012 

</title><creator>SUPRAPTI, SUPRAPTI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini memiliki latar belakang dari penyampaian materi yang mo-noton, pemilihan strategi yang kurang tepat, kurangya keaktifan siswa dan ren-dahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan: 1) Keaktifan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Ekosistem melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. 2) Hasil belajar siswa klas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam pembelajaran Biologi melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pe-rencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strate-gi pembelajaran Learning Starts With A Question yang dilakukan dalam dua sik-lus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah: 1) Peningkatan keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II dalam partisipasi aktif siswa berupa tunjuk jari dari 30% menjadi 71,3%, keberanian bertanya dari 27,5% menjadi 68,8%, keberanian menjawab pertanyaan dari 26,8% menjadi 68,1%, keberanian menanggapi pernyataan dari 26,2% menjadi 66,3% dan. 2) Pe-ningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 63 sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (40%) dan pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 70 sebanyak 35 siswa (87,5%. Kesimpulan penelitian ini ada-lah: 1) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012. 2) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi Ekosistem kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/15/JURNAL.pdf</identifier><identifier> SUPRAPTI, SUPRAPTI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080179</relation><recordID>19314</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SUPRAPTI, SUPRAPTI |
title |
Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/15/JURNAL.pdf http://eprints.ums.ac.id/19314/ |
contents |
Penelitian ini memiliki latar belakang dari penyampaian materi yang mo-noton, pemilihan strategi yang kurang tepat, kurangya keaktifan siswa dan ren-dahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan: 1) Keaktifan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Ekosistem melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. 2) Hasil belajar siswa klas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam pembelajaran Biologi melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pe-rencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strate-gi pembelajaran Learning Starts With A Question yang dilakukan dalam dua sik-lus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah: 1) Peningkatan keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II dalam partisipasi aktif siswa berupa tunjuk jari dari 30% menjadi 71,3%, keberanian bertanya dari 27,5% menjadi 68,8%, keberanian menjawab pertanyaan dari 26,8% menjadi 68,1%, keberanian menanggapi pernyataan dari 26,2% menjadi 66,3% dan. 2) Pe-ningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 63 sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (40%) dan pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 70 sebanyak 35 siswa (87,5%. Kesimpulan penelitian ini ada-lah: 1) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012. 2) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi Ekosistem kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012. |
id |
IOS2728.19314 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:44Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810720213041152 |
score |
17.538404 |