Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012

Main Author: SUPRAPTI, SUPRAPTI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/15/JURNAL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/
ctrlnum 19314
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19314/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012 &#xD; &#xD; </title><creator>SUPRAPTI, SUPRAPTI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini memiliki latar belakang dari penyampaian materi yang mo-noton, pemilihan strategi yang kurang tepat, kurangya keaktifan siswa dan ren-dahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan: 1) Keaktifan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Ekosistem melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. 2) Hasil belajar siswa klas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam pembelajaran Biologi melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pe-rencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strate-gi pembelajaran Learning Starts With A Question yang dilakukan dalam dua sik-lus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah: 1) Peningkatan keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II dalam partisipasi aktif siswa berupa tunjuk jari dari 30% menjadi 71,3%, keberanian bertanya dari 27,5% menjadi 68,8%, keberanian menjawab pertanyaan dari 26,8% menjadi 68,1%, keberanian menanggapi pernyataan dari 26,2% menjadi 66,3% dan. 2) Pe-ningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 63 sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (40%) dan pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 70 sebanyak 35 siswa (87,5%. Kesimpulan penelitian ini ada-lah: 1) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012. 2) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi Ekosistem kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19314/15/JURNAL.pdf</identifier><identifier> SUPRAPTI, SUPRAPTI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080179</relation><recordID>19314</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SUPRAPTI, SUPRAPTI
title Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekosistem Melalui Pembelajaran Learning Starts With A Question (Lsq) Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/15/JURNAL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19314/
contents Penelitian ini memiliki latar belakang dari penyampaian materi yang mo-noton, pemilihan strategi yang kurang tepat, kurangya keaktifan siswa dan ren-dahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan: 1) Keaktifan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Ekosistem melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. 2) Hasil belajar siswa klas VIIA SMP Negeri 2 Baki dalam pembelajaran Biologi melalui strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pe-rencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strate-gi pembelajaran Learning Starts With A Question yang dilakukan dalam dua sik-lus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah: 1) Peningkatan keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II dalam partisipasi aktif siswa berupa tunjuk jari dari 30% menjadi 71,3%, keberanian bertanya dari 27,5% menjadi 68,8%, keberanian menjawab pertanyaan dari 26,8% menjadi 68,1%, keberanian menanggapi pernyataan dari 26,2% menjadi 66,3% dan. 2) Pe-ningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 63 sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (40%) dan pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 70 sebanyak 35 siswa (87,5%. Kesimpulan penelitian ini ada-lah: 1) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012. 2) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi Ekosistem kelas VII A SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2011/2012.
id IOS2728.19314
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:44Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:46Z
recordtype dc
_version_ 1765810720213041152
score 17.538404