Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: WIDYASTUTI, YULI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19310/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/6/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/8/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/20/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/21/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/
ctrlnum 19310
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19310/</relation><title>Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok&#xD; Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012&#xD; &#xD; </title><creator>WIDYASTUTI, YULI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi&#xD; pokok materi gerak tumbuhan dengan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan&#xD; media gambar pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun&#xD; Pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian ini adalah 1) memberikan pengetahuan bagi&#xD; guru tentang pentingnya strategi pembelajaran aktif yang menarik untuk meningkatkan&#xD; keaktifan dan hasil belajar siswa, 2) memotivasi siswa agar lebih berpartisipasi aktif&#xD; dalam mengikuti proses belajar mengajar, 3) menambah pengetahuan dan pemahaman&#xD; tentang strategi pembelajaran aktif Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar.&#xD; Strategi Inquiring Minds Want to Know adalah strategi yang digunakan untuk&#xD; merangsang rasa ingin tahu siswa untuk berpendapat terhadap suatu persoalan. Media&#xD; gambar digunakan karena sederhana, mudah dibuat, mudah dipahami dan menjadikan&#xD; suasana pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas&#xD; (PTK) yang terlaksana sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan,&#xD; observasi, refleksi dan evaluasi. Sumber data diperoleh dari keaktifan dan hasil (aspek&#xD; afektif dan kognitif) belajar siswa. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan&#xD; menggunakan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar yang di&#xD; akhiri kesimpulan dan pelaksanaan pos tes di setiap siklusnya. Analisis data dalam&#xD; penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan&#xD; adanya peningkatan keaktifan pada siklus I sebesar 27,58 (kategori berminat) menjadi&#xD; 32,85 (kategori sangat berminat) dan hasil belajar (aspel afektif dan aspek kognitif) di&#xD; setiap siklus. Sebelum pelaksanaan tindakan sebanyak 8 siswa (30,77%) yang dapat&#xD; mencapai nilai KKM (70), siklus I meningkat menjadi 19 siswa (73,08%) dan pada sikus&#xD; II sebesar 25 siswa (96,15%). Hasil belajar nilai kognitif rata-rata kelas sebelum&#xD; pelaksanaan tindakan 59,42 meningkat pada siklus I yaitu 71,73 dan pada siklus II&#xD; menjadi 85,19. Rata-rata aspek afektif, nilai pada kondisi awal, siklus I 22,38 (kategori&#xD; berminat) dan siklus II 26,85 (kategori berminat) mengalami peningkatan. Berdasarkan&#xD; hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiring Minds Want to&#xD; Know dengan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok&#xD; materi gerak tumbuhan kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun&#xD; Pelajaran 2011/2012.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/6/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/8/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/20/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/21/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> WIDYASTUTI, YULI (2012) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080110</relation><recordID>19310</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WIDYASTUTI, YULI
title Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19310/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/6/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/8/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/20/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/21/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19310/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi pokok materi gerak tumbuhan dengan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian ini adalah 1) memberikan pengetahuan bagi guru tentang pentingnya strategi pembelajaran aktif yang menarik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, 2) memotivasi siswa agar lebih berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar, 3) menambah pengetahuan dan pemahaman tentang strategi pembelajaran aktif Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar. Strategi Inquiring Minds Want to Know adalah strategi yang digunakan untuk merangsang rasa ingin tahu siswa untuk berpendapat terhadap suatu persoalan. Media gambar digunakan karena sederhana, mudah dibuat, mudah dipahami dan menjadikan suasana pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Sumber data diperoleh dari keaktifan dan hasil (aspek afektif dan kognitif) belajar siswa. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan menggunakan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar yang di akhiri kesimpulan dan pelaksanaan pos tes di setiap siklusnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan pada siklus I sebesar 27,58 (kategori berminat) menjadi 32,85 (kategori sangat berminat) dan hasil belajar (aspel afektif dan aspek kognitif) di setiap siklus. Sebelum pelaksanaan tindakan sebanyak 8 siswa (30,77%) yang dapat mencapai nilai KKM (70), siklus I meningkat menjadi 19 siswa (73,08%) dan pada sikus II sebesar 25 siswa (96,15%). Hasil belajar nilai kognitif rata-rata kelas sebelum pelaksanaan tindakan 59,42 meningkat pada siklus I yaitu 71,73 dan pada siklus II menjadi 85,19. Rata-rata aspek afektif, nilai pada kondisi awal, siklus I 22,38 (kategori berminat) dan siklus II 26,85 (kategori berminat) mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok materi gerak tumbuhan kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012.
id IOS2728.19310
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:44Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:46Z
recordtype dc
_version_ 1765810720200458240
score 17.538404