Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | WIDYASTUTI, YULI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19310/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/6/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/8/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/20/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/21/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/ |
ctrlnum |
19310 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19310/</relation><title>Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok
Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012

</title><creator>WIDYASTUTI, YULI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi
pokok materi gerak tumbuhan dengan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan
media gambar pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian ini adalah 1) memberikan pengetahuan bagi
guru tentang pentingnya strategi pembelajaran aktif yang menarik untuk meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa, 2) memotivasi siswa agar lebih berpartisipasi aktif
dalam mengikuti proses belajar mengajar, 3) menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang strategi pembelajaran aktif Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar.
Strategi Inquiring Minds Want to Know adalah strategi yang digunakan untuk
merangsang rasa ingin tahu siswa untuk berpendapat terhadap suatu persoalan. Media
gambar digunakan karena sederhana, mudah dibuat, mudah dipahami dan menjadikan
suasana pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang terlaksana sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, refleksi dan evaluasi. Sumber data diperoleh dari keaktifan dan hasil (aspek
afektif dan kognitif) belajar siswa. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan
menggunakan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar yang di
akhiri kesimpulan dan pelaksanaan pos tes di setiap siklusnya. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan
adanya peningkatan keaktifan pada siklus I sebesar 27,58 (kategori berminat) menjadi
32,85 (kategori sangat berminat) dan hasil belajar (aspel afektif dan aspek kognitif) di
setiap siklus. Sebelum pelaksanaan tindakan sebanyak 8 siswa (30,77%) yang dapat
mencapai nilai KKM (70), siklus I meningkat menjadi 19 siswa (73,08%) dan pada sikus
II sebesar 25 siswa (96,15%). Hasil belajar nilai kognitif rata-rata kelas sebelum
pelaksanaan tindakan 59,42 meningkat pada siklus I yaitu 71,73 dan pada siklus II
menjadi 85,19. Rata-rata aspek afektif, nilai pada kondisi awal, siklus I 22,38 (kategori
berminat) dan siklus II 26,85 (kategori berminat) mengalami peningkatan. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiring Minds Want to
Know dengan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok
materi gerak tumbuhan kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2011/2012.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/6/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/8/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/20/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19310/21/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> WIDYASTUTI, YULI (2012) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080110</relation><recordID>19310</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
WIDYASTUTI, YULI |
title |
Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pokok
Materi Gerak Tumbuhan Menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19310/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/6/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/8/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/20/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/21/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19310/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi
pokok materi gerak tumbuhan dengan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan
media gambar pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian ini adalah 1) memberikan pengetahuan bagi
guru tentang pentingnya strategi pembelajaran aktif yang menarik untuk meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa, 2) memotivasi siswa agar lebih berpartisipasi aktif
dalam mengikuti proses belajar mengajar, 3) menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang strategi pembelajaran aktif Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar.
Strategi Inquiring Minds Want to Know adalah strategi yang digunakan untuk
merangsang rasa ingin tahu siswa untuk berpendapat terhadap suatu persoalan. Media
gambar digunakan karena sederhana, mudah dibuat, mudah dipahami dan menjadikan
suasana pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang terlaksana sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, refleksi dan evaluasi. Sumber data diperoleh dari keaktifan dan hasil (aspek
afektif dan kognitif) belajar siswa. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan
menggunakan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan media gambar yang di
akhiri kesimpulan dan pelaksanaan pos tes di setiap siklusnya. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan
adanya peningkatan keaktifan pada siklus I sebesar 27,58 (kategori berminat) menjadi
32,85 (kategori sangat berminat) dan hasil belajar (aspel afektif dan aspek kognitif) di
setiap siklus. Sebelum pelaksanaan tindakan sebanyak 8 siswa (30,77%) yang dapat
mencapai nilai KKM (70), siklus I meningkat menjadi 19 siswa (73,08%) dan pada sikus
II sebesar 25 siswa (96,15%). Hasil belajar nilai kognitif rata-rata kelas sebelum
pelaksanaan tindakan 59,42 meningkat pada siklus I yaitu 71,73 dan pada siklus II
menjadi 85,19. Rata-rata aspek afektif, nilai pada kondisi awal, siklus I 22,38 (kategori
berminat) dan siklus II 26,85 (kategori berminat) mengalami peningkatan. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiring Minds Want to
Know dengan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok
materi gerak tumbuhan kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2011/2012.
|
id |
IOS2728.19310 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:44Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810720200458240 |
score |
17.538404 |