Implementasi Model Pembelajaran Eliciting Activities Dengan Mengoptimalkan Media Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Persegi Dan Persegi Panjang (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Mulyati, Mulyati
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19291/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/3/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/4/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/5/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/17/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/19/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/21/9._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/23/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19291/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Eliciting Activities dengan mengoptimalkan media worksheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 2 Gatak sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VII A yang berjumlah 39 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa,dengan indikator keaktifan yaitu; (a) mengemukakan ide dalam pembelajaran, meningkat dari 17,95% menjadi 64,10%. (b) Adanya peningkatan aktifitas siswa dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan, meningkat dari 25,64% menjadi 61,54%. (c) Adanya peningkatan siswa yang mengerjakan soal di depan kelas, meningkat dari 23,08% menjadi 74,36%. 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa, meningkat dari 43,59% menjadi 76,92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Eliciting Activities dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.