Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ums Angkatan 2009/2010
Main Author: | Wibowo, Didik Ari |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19239/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/6/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/8/06._BAB_IV_.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/17/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/20/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/22/09._LAMPIRAN_.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/24/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/ |
ctrlnum |
19239 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19239/</relation><title>Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata
Kuliah Kewirausahaan Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ums Angkatan 2009/2010</title><creator> Wibowo, Didik Ari </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui
pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa
program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 2) Untuk mengetahui
pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi
pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 3) Untuk mengetahui pengeruh antara
penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar
mahasiswa program studi akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan
kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Sampel
diambil sebanyak 75 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan
dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji
R2, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,742 + 0,693X1
+ 0,602X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh
penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa. Kesimpulan yang
diambil adalah: 1) Penggunaan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan
2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t)
diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,893 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu
0,005, dengan sumbangan efektif sebesar 15,5%; 2) Keaktifan belajar mahasiswa
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan
Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi
linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,046 > 1,993 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,003, dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%; 3)
Penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa berpengaruh signifikan
terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan
2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda
(uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 16,996 > 3,124 dan nilai signifikansi < 0,05,
yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,321 menunjukkan bahwa
besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa
terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan
2009/2010, adalah sebesar 32,1% sedangkan 67,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/6/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/8/06._BAB_IV_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/17/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/20/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/22/09._LAMPIRAN_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/24/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Wibowo, Didik Ari (2012) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ums Angkatan 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080118</relation><recordID>19239</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Wibowo, Didik Ari |
title |
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata
Kuliah Kewirausahaan Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ums Angkatan 2009/2010 |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19239/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/6/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/8/06._BAB_IV_.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/17/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/20/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/22/09._LAMPIRAN_.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/24/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19239/ |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui
pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa
program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 2) Untuk mengetahui
pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi
pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 3) Untuk mengetahui pengeruh antara
penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar
mahasiswa program studi akuntansi UMS angkatan 2009/2010.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan
kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Sampel
diambil sebanyak 75 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan
dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji
R2, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,742 + 0,693X1
+ 0,602X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh
penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa. Kesimpulan yang
diambil adalah: 1) Penggunaan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan
2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t)
diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,893 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu
0,005, dengan sumbangan efektif sebesar 15,5%; 2) Keaktifan belajar mahasiswa
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan
Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi
linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,046 > 1,993 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,003, dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%; 3)
Penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa berpengaruh signifikan
terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan
2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda
(uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 16,996 > 3,124 dan nilai signifikansi < 0,05,
yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,321 menunjukkan bahwa
besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa
terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan
2009/2010, adalah sebesar 32,1% sedangkan 67,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti |
id |
IOS2728.19239 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:43Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:43Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810719945654272 |
score |
17.538404 |