ctrlnum 19239
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19239/</relation><title>Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata&#xD; Kuliah Kewirausahaan Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ums Angkatan 2009/2010</title><creator> Wibowo, Didik Ari </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui&#xD; pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa&#xD; program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 2) Untuk mengetahui&#xD; pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi&#xD; pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 3) Untuk mengetahui pengeruh antara&#xD; penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar&#xD; mahasiswa program studi akuntansi UMS angkatan 2009/2010.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan&#xD; kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh&#xD; mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Sampel&#xD; diambil sebanyak 75 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan&#xD; dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.&#xD; Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji&#xD; R2, dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,742 + 0,693X1&#xD; + 0,602X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh&#xD; penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa. Kesimpulan yang&#xD; diambil adalah: 1) Penggunaan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap&#xD; prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan&#xD; 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t)&#xD; diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,893 &gt; 1,993 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu&#xD; 0,005, dengan sumbangan efektif sebesar 15,5%; 2) Keaktifan belajar mahasiswa&#xD; berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan&#xD; Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi&#xD; linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 3,046 &gt; 1,993 dan nilai&#xD; signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,003, dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%; 3)&#xD; Penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa berpengaruh signifikan&#xD; terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan&#xD; 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda&#xD; (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 16,996 &gt; 3,124 dan nilai signifikansi &lt; 0,05,&#xD; yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,321 menunjukkan bahwa&#xD; besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa&#xD; terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan&#xD; 2009/2010, adalah sebesar 32,1% sedangkan 67,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel&#xD; lain yang tidak diteliti</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/6/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/8/06._BAB_IV_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/17/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/20/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/22/09._LAMPIRAN_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19239/24/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Wibowo, Didik Ari (2012) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ums Angkatan 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080118</relation><recordID>19239</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wibowo, Didik Ari
title Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ums Angkatan 2009/2010
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/19239/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/6/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/8/06._BAB_IV_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/17/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/20/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/22/09._LAMPIRAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/24/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19239/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 2) Untuk mengetahui pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 3) Untuk mengetahui pengeruh antara penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Sampel diambil sebanyak 75 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,742 + 0,693X1 + 0,602X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Penggunaan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,893 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005, dengan sumbangan efektif sebesar 15,5%; 2) Keaktifan belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,046 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003, dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%; 3) Penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 16,996 > 3,124 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,321 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, adalah sebesar 32,1% sedangkan 67,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
id IOS2728.19239
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:43Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:43Z
recordtype dc
_version_ 1765810719945654272
score 17.538404