Penanganan Anak Hiperaktif Di Tk Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | PURNAMASARI, DEBI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19222/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/6/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/13/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/15/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19222/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menangani anak hiperaktif dengan terapi bermain puzzle. Penelitian dilakukan pada anak di TK Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 2 anak. Penelitian ini dirancang dengan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis metode yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan berkurangnya hiperaktifitas anak melalui terapi permainan puzzle. Sebelum dilakukan terapi permainan puzzle anak tidak mampu berkonsentrasi dan implusifitas anak sangat tinggi. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan terapi permainan puzzle, kemampuan berkonsentrasi dan impulsifitas anak menunjukkan peningkatan yakni anak mampu menyelesaikan permainan puzzle. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi permainan puzzle dapat mengatasi hiperaktif anak di TK Pertiwi 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali.