Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Materi Ekosistem Dengan Media Power Point Siswa Kelas VII C SMP Muhammadyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Maryani, Sri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19215/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/7/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/13/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/15/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/19/08._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/20/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/21/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19215/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek afektif melalui strategi pembelajaran Crossword Puzzle dengan media Power Point pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai belajar siswa aspek kognitif pada siklus I prosentase ketuntasan 71,79% dengan rata-rata nilai 70,00, pada siklus II prosentase ketuntasan meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata menjadi 83,59. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I dari berinisiatif 46,15%, bekerjasama 53,85%, penuh perhatian 56,41%, kedisiplinan siswa 58,97%. Pada siklus II hasil belajar aspek afektif mengalami peningkatan berinisiatif 71,79%, bekerjasama 84,62%, penuh perhatian 74,36%, dan kedisiplinan siswa 79,49%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Crossword Puzzle dengan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Muhammadyah 10 Surakarta aspek kognitif dan aspek afektif.