Perbedaan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Melalui Pembelajaran Active Learning Metode Guided Note Taking Dengan Metode Index Card Match Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Susanti, Susanti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19204/1/HLM_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/15/DAPUST.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/19/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19204/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi materi ekosistem antara siswa melalui pembelajaran Active Learning metode Guided Note Taking dengan metode Index Card Match siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pucakwangi tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan hasil belajar antara metode Guided Note Taking dengan metode Index Card Match. Penelitian diukur dengan menggunakan aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai ratarata kelas yang diajar menggunakan metode Guided Note Taking (71,34) dan ratarata kelas yang diajar menggunakan metode Index Card Match (75,88). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Biologi materi ekosistem antara siswa melalui pembelajaran Active Learning metode Guided Note Taking dengan metode Index Card Match siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pucakwangi tahun ajaran 2011/2012 (thitung < -ttabel = -2,373 < -1,999) pada taraf signifikansi 5%.