Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kelengkapan Sumber Belajar Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Rohmiatun, Yani
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19166/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/2/03._BAB_I_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/3/04._BAB_II_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/4/05._BAB_III_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/5/06._BAB_IV_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/6/07._BAB_V_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/7/08._Daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/8/09._LAMPIRAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/
ctrlnum 19166
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19166/</relation><title>Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kelengkapan Sumber Belajar Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 &#xD; &#xD; </title><creator> Rohmiatun, Yani</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: 1) Pola belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012; 2) Kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012; 3) Pola belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 53 siswa, data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,328+ 0,212X1 + 0,334X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh pola belajar dan kelengkapan sumber belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pola belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,842 &gt; 2,009 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,006, dengan sumbangan efektif 14,8%; 2) Kelengkapan sumber belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 3,255 &gt; 2,009 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,002, dengan sumbangan efektif 18,4%; 3) Pola belajar dan kelengkapan sumber belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 12,440 &gt; 3,183 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,332 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, adalah sebesar 33,2% sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/2/03._BAB_I_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/3/04._BAB_II_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/4/05._BAB_III_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/5/06._BAB_IV_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/6/07._BAB_V_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/7/08._Daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/8/09._LAMPIRAN_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19166/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rohmiatun, Yani (2012) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kelengkapan Sumber Belajar Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080163</relation><recordID>19166</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rohmiatun, Yani
title Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kelengkapan Sumber Belajar Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/19166/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/2/03._BAB_I_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/3/04._BAB_II_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/4/05._BAB_III_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/5/06._BAB_IV_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/6/07._BAB_V_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/7/08._Daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/8/09._LAMPIRAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19166/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: 1) Pola belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012; 2) Kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012; 3) Pola belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 53 siswa, data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,328+ 0,212X1 + 0,334X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh pola belajar dan kelengkapan sumber belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pola belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,842 > 2,009 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006, dengan sumbangan efektif 14,8%; 2) Kelengkapan sumber belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,255 > 2,009 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002, dengan sumbangan efektif 18,4%; 3) Pola belajar dan kelengkapan sumber belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 12,440 > 3,183 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,332 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, adalah sebesar 33,2% sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.19166
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:40Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:40Z
recordtype dc
_version_ 1765810719444434944
score 17.538404