Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Utami, Emi Dwi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19165/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/9/11._Jurnal_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/ |
ctrlnum |
19165 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19165/</relation><title>Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012

</title><creator>Utami, Emi Dwi </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh
pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP Negeri I
Simo; 2) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar
ekonomi pada siswa SMP Negeri I Simo; 3) Untuk mengetahui pengaruh
pemanfaatan internet dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi
pada siswa SMP Negeri I Simo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012.
Sampel diambil sebanyak 43 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui
angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas
serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,603+
0,320X1 + 0,238X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa
dipengaruhi oleh pemanfaatan internet dan cara belajar siswa. Kesimpulan yang
diambil adalah: 1) Pemanfaatan internet berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Simo, dapat diterima. Hal
ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel,
yaitu 3,181 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dengan sumbangan
efektif sebesar 23,2%; 2) Cara belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Simo, dapat diterima. Hal
ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel,
yaitu 2,357 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023, dengan sumbangan
efektif sebesar 15,1%; 3) Pemanfaatan internet dan cara belajar siswa berpengaruh
positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1
Simo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji
F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 12,406 > 3,232 dan nilai signifikansi <
0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,383
menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan internet dan cara belajar
siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1
Simo, adalah sebesar 38,3% sedangkan sisanya sebesar 61,7% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19165/9/11._Jurnal_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Utami, Emi Dwi (2012) Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080150</relation><recordID>19165</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Utami, Emi Dwi |
title |
Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19165/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/9/11._Jurnal_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19165/ |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh
pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP Negeri I
Simo; 2) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar
ekonomi pada siswa SMP Negeri I Simo; 3) Untuk mengetahui pengaruh
pemanfaatan internet dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi
pada siswa SMP Negeri I Simo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012.
Sampel diambil sebanyak 43 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui
angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas
serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,603+
0,320X1 + 0,238X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa
dipengaruhi oleh pemanfaatan internet dan cara belajar siswa. Kesimpulan yang
diambil adalah: 1) Pemanfaatan internet berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Simo, dapat diterima. Hal
ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel,
yaitu 3,181 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dengan sumbangan
efektif sebesar 23,2%; 2) Cara belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Simo, dapat diterima. Hal
ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel,
yaitu 2,357 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023, dengan sumbangan
efektif sebesar 15,1%; 3) Pemanfaatan internet dan cara belajar siswa berpengaruh
positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1
Simo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji
F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 12,406 > 3,232 dan nilai signifikansi <
0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,383
menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan internet dan cara belajar
siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1
Simo, adalah sebesar 38,3% sedangkan sisanya sebesar 61,7% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti |
id |
IOS2728.19165 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:40Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810719439192064 |
score |
17.538404 |