Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Tipe Buzz Group Dengan Media Permainan Crossword puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Putra, Jaka Permata
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19159/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/8/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/9/11._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19159/
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran diskusi tipe Buzz Group dengan media permainan Croosword Puzzle untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, pengumpulan data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata – rata tingkat keaktifan sebesar 24,32%. Pada siklus I tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 59,58%. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 85,51%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran diskusi tipe Buzz Group dengan media permainan Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012 diterima kebenarannya