Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu pada Materi Ekosistem Menggunakan Metode PBL (Problem Based Learning) dengan Media Pohon Pintar Tahun Ajaran 2011/2012”

Main Author: Widiastuti, Ika Herni
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19153/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19153/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19153/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19153/4/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19153/5/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19153/6/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19153/7/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19153/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19153/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi ekosistem dengan menerapkan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan media pohon pintar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi ada 2 siklus. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Jumlah siswa yang KKM (> 70) sebelum tindakan (28,13%) pada siklus I meningkat menjadi (59,40%) dan pada sikus II meningkat menjadi (81,25%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 5,88 meningkat menjadi 6,96 pada siklus I dan meningkat menjadi 13,59 pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif siklus I 12,37 (kriteria cukup berminat) meningkat menjadi 15,34 (kriteria berminat) pada siklus II. Kesimpulan menunjukkan bahwa metode PBL dengan media pohon pintar dapat meningkatkan hasil belajar dari aspek kognitif dan aspek afektif pada siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.