Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Joyfull Learning Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012
Main Author: | Rachmawati, Betty |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19152/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19152/ |
Daftar Isi:
- Pengulangan dan kurangnya variasi strategi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar menyebabkan kejenuhan dan kebosanan, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Joyfull Learning Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rerata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 66,28 dari nilai awal sebesar 58,72; sedangkan nilai rerata afektif sebesar 3,18 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rerata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 66,79 dari siklus I dengan 66,28; sedangkan nilai rerata afektif meningkat menjadi 3,52 (termasuk kategori berminat). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran Joyfull Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.