Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script Dengan Mengoptimalkan Media Work Sheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkok 2 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Prasetyaningsih, Yuliana Yudha
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19141/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/8/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/13/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/25/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19141/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran cooperative scrip dengan mengoptimalkan media work sheet. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penilitian ini di SD Negeri Pengkok 2 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 2 yang berjumlah 17 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah guru kelas IV. Metode pengumpulan data adalah tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif dengan langkah – langkah : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan gaya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dari prasiklus sampai siklus dua. Sebelum dilaksanakan tindakan terdapat 29 % keaktifan belajar dan 29 % hasil belajar siswa yang mencapai KKM dan pada akhir siklus dua mencapai 77 % keaktifan belajar dan 82 % hasil belajar siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar IPA sejak prasiklus sampai siklus dua mencapai 48 % pada keaktifan belajar dan 53 % pada hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapakan model pembelajaran cooperative script dengan mengoptimalkan media work sheet dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Pengkok 2 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012