Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Pkn melalui metode Lightening the learning climate. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Mangin yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: metode lightening the learning climate dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN4 Mangin Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 75 % yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 90 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode lightening the learning climate dapat meningkatkan hasil belajar PKn