Perbandingan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Antara Strategi Nht (Numbered Head Together) Dan Strategi Jigsaw Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X/Ii Sma Islam Karangrayung Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: SARAH, SARAH
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19106/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/6/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/8/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/9/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/13/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/14/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19106/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan strategi NHT (Numbered Head Together) dan strategi Jigsaw, di SMA Islam Karangrayung. Pengambilan sampel 114 siswa dari tiga kelas (2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol). Pengambilan data hasil belajar Biologi siswa aspek kognitif menggunakan instrument tes (30 item soal) dan data hasil belajar Biologi siswa aspek afektif menggunakan lembar observasi. Hasil uji Pasca Anava atau uji lanjut Pos Hoc Tests dengan Scheffe diperoleh nilai probabilitas. Hasil belajar Biologi siswa aspek kognitif 0,014 dan aspek afektif 0,043, menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi NHT (Numbered Head Together) dan strategi Jigsaw. Nilai rata-rata kelas X