Hasil Belajar Mata Kuliah Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Dan Pemanfaatan Internet Pada Mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009

Main Author: Rochmania, Tri Rejeki
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19087/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/
ctrlnum 19087
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19087/</relation><title>Hasil Belajar Mata Kuliah Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Dan Pemanfaatan Internet Pada Mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009 </title><creator>Rochmania, Tri Rejeki</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan pada mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009; 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan pada mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009; 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan intensitas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan pada mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009. Sampel diambil sebanyak 119 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi linier berganda, uji t uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y= 0,953 + 0,028X1 + 0,036X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan dipengaruhi oleh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Intensitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 1,995 &gt; 1,981 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,048 dengan sumbangan efektif 6,1%; 2) Pemanfaatan internet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,882 &gt; 1,981 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,005 dengan sumbangan efektif sebesar 10,4%; 3) Intensitas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 11,443 &gt; 3,074 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,165 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan mahasiswa di FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009, adalah sebesar 16,5% sedangkan 83,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19087/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19087/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19087/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19087/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19087/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19087/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19087/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19087/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Rochmania, Tri Rejeki (2012) Hasil Belajar Mata Kuliah Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Dan Pemanfaatan Internet Pada Mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080173</relation><recordID>19087</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rochmania, Tri Rejeki
title Hasil Belajar Mata Kuliah Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Dan Pemanfaatan Internet Pada Mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19087/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19087/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan pada mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009; 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan pada mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009; 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan intensitas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan pada mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009. Sampel diambil sebanyak 119 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi linier berganda, uji t uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y= 0,953 + 0,028X1 + 0,036X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan dipengaruhi oleh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Intensitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 1,995 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,048 dengan sumbangan efektif 6,1%; 2) Pemanfaatan internet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,882 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005 dengan sumbangan efektif sebesar 10,4%; 3) Intensitas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,443 > 3,074 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,165 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar mata kuliah penelitian pendidikan mahasiswa di FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009, adalah sebesar 16,5% sedangkan 83,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.19087
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:36Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:39Z
recordtype dc
_version_ 1765810718945312768
score 17.538404