Pengaruh Quench, Aging, dan Annealing Pada Pasak Rem Kereta Api Terhadap Perubahan Sifat Fisis dan Mekanis
Main Author: | YULIYANTO , YULIYANTO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19084/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/6/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/11/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/ |
ctrlnum |
19084 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19084/</relation><title>Pengaruh Quench, Aging, dan Annealing Pada Pasak Rem Kereta Api Terhadap Perubahan Sifat Fisis dan Mekanis </title><creator>YULIYANTO , YULIYANTO </creator><subject>TF Railroad engineering and operation</subject><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Untuk meningkatkan kualitas pada pasak rem kereta api ini dilakukan proses heat treatment. Tujuan dari peneliltian pada pasak rem kereta api dengan type S 45 C adalah untuk mengetahui kualitas pasak rem, mengetahui komposisi bahan, struktur mikro, kekerasan, dan harga impact sebelum dan sesudah heat treatment. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa pasak rem type S 45 C. Pada spesimen dilakukan proses heat treatment berupa pemanasan pada suhu 950 ºC selama kurang lebih 1 jam, heat treatment ini berupa quenching, aging, annealing. Pengujian yang dilakukan antara lain uji 
komposisi kimia dengan standar ASTM E 415, struktur mikro dengan standar ASTM E 3, uji kekerasan Vickers dengan standar ASTM E 92, dan uji impact dengan standar ASTM E 23 . Dari uji komposisi kimia, pasak rem type S 45 C, unsur paduan paling dominan adalah mangan (Mn): 0,7524%. Untuk uji struktur mikro pasak rem type S 45 C di temukan fasa ferit, dan perlit sebelum dan sesudah proses heat treatment. Pada uji kekerasan pasak rem type S 45 C mempunyai peningkatan kekerasan setelah proses heat treatment berupa quenching, dan aging sehingga proses ini cocok untuk meningkatkan kekerasan bahan tersebut, sedangkan untuk proses annealing mengalami 
penurunan kekerasan. Untuk uji impact pasak rem type S 45 C mengalami penurunan harga impact rata – rata, jadi semakin rendah ketangguhan raw material setelah mengalami proses perlakuan panas quenching, aging, dan annealing </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/6/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/9/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/11/09._Lampiran.pdf</identifier><identifier> YULIYANTO , YULIYANTO (2012) Pengaruh Quench, Aging, dan Annealing Pada Pasak Rem Kereta Api Terhadap Perubahan Sifat Fisis dan Mekanis. Tugas Akhir thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>D200040069</relation><recordID>19084</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
YULIYANTO , YULIYANTO |
title |
Pengaruh Quench, Aging, dan Annealing Pada Pasak Rem Kereta Api Terhadap Perubahan Sifat Fisis dan Mekanis |
publishDate |
2012 |
topic |
TF Railroad engineering and operation TJ Mechanical engineering and machinery |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19084/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/6/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/11/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19084/ |
contents |
Untuk meningkatkan kualitas pada pasak rem kereta api ini dilakukan proses heat treatment. Tujuan dari peneliltian pada pasak rem kereta api dengan type S 45 C adalah untuk mengetahui kualitas pasak rem, mengetahui komposisi bahan, struktur mikro, kekerasan, dan harga impact sebelum dan sesudah heat treatment. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa pasak rem type S 45 C. Pada spesimen dilakukan proses heat treatment berupa pemanasan pada suhu 950 oC selama kurang lebih 1 jam, heat treatment ini berupa quenching, aging, annealing. Pengujian yang dilakukan antara lain uji
komposisi kimia dengan standar ASTM E 415, struktur mikro dengan standar ASTM E 3, uji kekerasan Vickers dengan standar ASTM E 92, dan uji impact dengan standar ASTM E 23 . Dari uji komposisi kimia, pasak rem type S 45 C, unsur paduan paling dominan adalah mangan (Mn): 0,7524%. Untuk uji struktur mikro pasak rem type S 45 C di temukan fasa ferit, dan perlit sebelum dan sesudah proses heat treatment. Pada uji kekerasan pasak rem type S 45 C mempunyai peningkatan kekerasan setelah proses heat treatment berupa quenching, dan aging sehingga proses ini cocok untuk meningkatkan kekerasan bahan tersebut, sedangkan untuk proses annealing mengalami
penurunan kekerasan. Untuk uji impact pasak rem type S 45 C mengalami penurunan harga impact rata – rata, jadi semakin rendah ketangguhan raw material setelah mengalami proses perlakuan panas quenching, aging, dan annealing |
id |
IOS2728.19084 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:36Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810718935875584 |
score |
17.538404 |