ctrlnum 19084
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19084/</relation><title>Pengaruh Quench, Aging, dan Annealing Pada Pasak Rem Kereta Api Terhadap Perubahan Sifat Fisis dan Mekanis </title><creator>YULIYANTO , YULIYANTO </creator><subject>TF Railroad engineering and operation</subject><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Untuk meningkatkan kualitas pada pasak rem kereta api ini dilakukan proses heat treatment. Tujuan dari peneliltian pada pasak rem kereta api dengan type S 45 C adalah untuk mengetahui kualitas pasak rem, mengetahui komposisi bahan, struktur mikro, kekerasan, dan harga impact sebelum dan sesudah heat treatment. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa pasak rem type S 45 C. Pada spesimen dilakukan proses heat treatment berupa pemanasan pada suhu 950 &#xBA;C selama kurang lebih 1 jam, heat treatment ini berupa quenching, aging, annealing. Pengujian yang dilakukan antara lain uji &#xD; komposisi kimia dengan standar ASTM E 415, struktur mikro dengan standar ASTM E 3, uji kekerasan Vickers dengan standar ASTM E 92, dan uji impact dengan standar ASTM E 23 . Dari uji komposisi kimia, pasak rem type S 45 C, unsur paduan paling dominan adalah mangan (Mn): 0,7524%. Untuk uji struktur mikro pasak rem type S 45 C di temukan fasa ferit, dan perlit sebelum dan sesudah proses heat treatment. Pada uji kekerasan pasak rem type S 45 C mempunyai peningkatan kekerasan setelah proses heat treatment berupa quenching, dan aging sehingga proses ini cocok untuk meningkatkan kekerasan bahan tersebut, sedangkan untuk proses annealing mengalami &#xD; penurunan kekerasan. Untuk uji impact pasak rem type S 45 C mengalami penurunan harga impact rata &#x2013; rata, jadi semakin rendah ketangguhan raw material setelah mengalami proses perlakuan panas quenching, aging, dan annealing </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/6/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/9/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19084/11/09._Lampiran.pdf</identifier><identifier> YULIYANTO , YULIYANTO (2012) Pengaruh Quench, Aging, dan Annealing Pada Pasak Rem Kereta Api Terhadap Perubahan Sifat Fisis dan Mekanis. Tugas Akhir thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>D200040069</relation><recordID>19084</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author YULIYANTO , YULIYANTO
title Pengaruh Quench, Aging, dan Annealing Pada Pasak Rem Kereta Api Terhadap Perubahan Sifat Fisis dan Mekanis
publishDate 2012
topic TF Railroad engineering and operation
TJ Mechanical engineering and machinery
url http://eprints.ums.ac.id/19084/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19084/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19084/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19084/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19084/6/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19084/9/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19084/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19084/11/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19084/
contents Untuk meningkatkan kualitas pada pasak rem kereta api ini dilakukan proses heat treatment. Tujuan dari peneliltian pada pasak rem kereta api dengan type S 45 C adalah untuk mengetahui kualitas pasak rem, mengetahui komposisi bahan, struktur mikro, kekerasan, dan harga impact sebelum dan sesudah heat treatment. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa pasak rem type S 45 C. Pada spesimen dilakukan proses heat treatment berupa pemanasan pada suhu 950 oC selama kurang lebih 1 jam, heat treatment ini berupa quenching, aging, annealing. Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia dengan standar ASTM E 415, struktur mikro dengan standar ASTM E 3, uji kekerasan Vickers dengan standar ASTM E 92, dan uji impact dengan standar ASTM E 23 . Dari uji komposisi kimia, pasak rem type S 45 C, unsur paduan paling dominan adalah mangan (Mn): 0,7524%. Untuk uji struktur mikro pasak rem type S 45 C di temukan fasa ferit, dan perlit sebelum dan sesudah proses heat treatment. Pada uji kekerasan pasak rem type S 45 C mempunyai peningkatan kekerasan setelah proses heat treatment berupa quenching, dan aging sehingga proses ini cocok untuk meningkatkan kekerasan bahan tersebut, sedangkan untuk proses annealing mengalami penurunan kekerasan. Untuk uji impact pasak rem type S 45 C mengalami penurunan harga impact rata – rata, jadi semakin rendah ketangguhan raw material setelah mengalami proses perlakuan panas quenching, aging, dan annealing
id IOS2728.19084
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:36Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:39Z
recordtype dc
_version_ 1765810718935875584
score 17.538404