Upaya Meningkatkan Komunikasi Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Bermain Puzzle Pada anak TK Pertiwi I Manjung, Ngawen, Klaten

Main Author: Maryati, Sri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19082/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19082/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19082/3/Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19082/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19082/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19082/6/Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19082/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19082/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19082/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Komunikasi Anak melalui metode pembelajaran kooperatif type TGT di TK Pertiwi I Manjung Tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas A yang berjumlah 20 Anak. Penelitian bersifat kolabiratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan metode pembelajaran kooperatif TGT, wawancara yang digunakan antara penliti dengan anak dan didokumentasikan dalam kegiatan bermain puzzle dengan penerpan metode pembelajaran kooperatif type TGT. Hasil penelitian ini menunuukkan bahawa sebelum dilaksanakan penelitian, prosentase komunikasi anak sebesar 40,75 %. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas diperoleh hasil yaitu, siklus I mencapai 55,75%,siklus II mencapai 70,25%, dan siklus III mencapai 83,13%. Berdasarkan data hasil PTK tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan “diduga dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif type TGT dapat meningkatkan komunikasi anak di kelas A TK Pertiwi I Manjung Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.