Peran Huffadz Al-Qur’an dalam Pelaksanaan Dakwah Sistem Langsung (DSL) Pada Pembelajaran Qur’an Hadits (Studi Kasus Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2011)

Main Author: Rofiq, Muhammad
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19019/1/%232.HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19019/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19019/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19019/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19019/12/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19019/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19019/17/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19019/19/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19019/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang Peran Huffadz Al-Qur’an dalam Pelaksanaan Dakwah Sistem Langsung (DSL) Pada Pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Angka ketidakhadiran anak didik meningkat, arus teknologi yang semakin marak dan fulgar serta minat belajar Al-Qur’an menurun merupakan permasalahan yang terjadi dan harus dihadapi. Asumsi masyarakat bahwa lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) mampu memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan rutinitas melakukan ibadah. Padahal tidak semua Madrasah yang berbasis Islam mampu memberikan bimbingan khusus dalam beribadah, sedangkan sebagian besar input siswa Madrasah Tsanawiyah bervariatif misalnya Sekolah Dasar yang notabene mata pelajaran agamanya hanya 2 (dua) jam perminggu, maka dalam pelaksanaanya guru Qur’an hadits mensiasati dengan membentuk tim kerja (mentoring) mata pelajaran Qur’an hadits. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui peran huffadz Al-Qur’an dalam pelaksanaan Dakwah Sistem Langsung (DSL) pada pembelajaran Qur’an hadits pada Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihad Semowo. Data yang terkumpul melalui wawancara terhadap sumber informasi, pengamatan, dan studi dokumentasi akan dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Untuk memperoleh kepastian data, penulis melakukan cek ricek kebenaran data melalui triangulasi data. Penekanan triangulasi data bukan semata-mata karena adanya kesamaan pendapat, pemikiran, atau pandangan, melainkan untuk mengetahui alasan mengapa hal itu dapat terjadi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terungkap bahwa peran huffadz Al-Qur’an dalam pelaksanaan dakwah sistem langsung (DSL) sudah sesuai dengan karakteristik pembelajaran Al-Qur’an. guru Al-Qur’an hadits telah merancang pembelajaran melalui kegiatan di kelas, luar kelas dan mandiri. Rancangan pelaksanaan dakwah sistem langsung (DSL) pada pembelajaran Al-Qur’an hadits meliputi kegiatan sholat dhuha berjamaah, tadarus Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, kajian kitab ta’limul mutta’alim dan khitobah. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan dakwah sistem langsung (DSL) di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihad Semowo adalah input siswa terutama kelas VII berasal dari Sekolah Dasar, dan pemahaman keagamaan keluarga yang rendah khusunya dalam baca, tulis, dan memahami Al-Qur’an.