Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Siswa Kelas V SD Negeri Kembangkuning
Main Author: | Nayiri, Muh |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18995/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/8/LAMPIRAN_TESIS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/18995/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini lebih memfokuskan peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa dan mengkaji model pembelajaran TGT terhadap siswa dalam meningkatkan kualitas tulisan laporannya. Selain itu, membantu guru menentukan model pembelajaran yang sesuai dalam setiap materi yang akan diajarkan khususnya pemecahan kesulitan menulis di kalangan siswa SD. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat komponen utama yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penggunaan metode mengarah pada sistem pembelajaran aktif, belajar kelompok, permainan, dan penghargaan pada kreasi menulis. Hasil penelitian menunjukkan Pada pra siklus sampai siklus pertama kenaikan dari 56,27 menjadi 73,6 kemudian pada siklus kedua rata-rata nilai kelas menjadi 85,4. Pada siklus pertama siswa dominan melakukan kesalahan penulisan ejaan, huruf kapital, dan kata depan. Siklus kedua, hanya ditemukan satu kelompok menggunakan kata tidak baku. Kualiatas setelah diadakan penelitian ini terlihat dalam penulisan tanda baca, huruf kapital, preposisi dan sistematika laporan pengamatan. siklus kedua siswa sudah dapat merinci lokasi pengamatan di ruang-ruang sekitar sekolah. Kualitas tulisan terlihat pada penurunan jumlah kesalahan yang dilakukan siswa pada pemakaian ejaan dan kalimat efektif