ctrlnum 18883
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18883/</relation><title>Kinerja Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan MPMBS (Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Wonogiri Periode Kepemimpinan Tahun 2009 - 2010)&#xD; </title><creator>Purwanti, Purwanti</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran; 2) upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran; dan 3) pola Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berorientasi pada kualitatif-deskriptif (Qualitative Descriptive Design) dengan pendekatan tunggal terpancang yang terarah pada kasus tunggal yaitu kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Wonogiri. Objek penelitian adalah kinerja Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di&#xD; SMP Negeri I Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada tiga komponen utama, yaitu&#xD; reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi data, pemeriksaan anggota dan pemeriksaan informan kunci. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan melalui berbagai kebijakan yang mendukung terciptanya pembelajaran berkualitas. Hal ini dilakukan untuk mencapai visi sekolah sebagai sekolah bertaraf internasional; 2) Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk&#xD; meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan dengan meningkatkan profesionalisme guru. Cara-cara tersebut antara lain melalui pemberian motivasi, peningkatan&#xD; kompetensi melalui pelatihan, dan pemberian insentif, serta melalui pemberian sanksi bagi guru yang kurang disiplin, serta melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran yang masih kurang; dan 3) Pola Kepala SMP Negeri I Wonogiri&#xD; dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan melakukan analisis terhadap faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Faktor penghambat dan pendukung tersebut berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa faktor yang berasal dari diri guru itu sendiri, sedangkan faktor eksternal berupa faktor yang berasal dari luar diri guru.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/1/Depan_Lengkap.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/2/Bab_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/3/Bab_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/4/Bab_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/5/Bab_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/6/Bab_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/7/Bab_6.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/8/DARTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/9/CATATAN_LAPANGAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18883/10/Purwanto_Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Purwanti, Purwanti (2012) Kinerja Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan MPMBS (Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Wonogiri Periode Kepemimpinan Tahun 2009 - 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>Q100060239.</relation><recordID>18883</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Purwanti, Purwanti
title Kinerja Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan MPMBS (Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Wonogiri Periode Kepemimpinan Tahun 2009 - 2010)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/18883/1/Depan_Lengkap.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/2/Bab_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/3/Bab_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/4/Bab_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/5/Bab_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/6/Bab_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/7/Bab_6.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/8/DARTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/9/CATATAN_LAPANGAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/10/Purwanto_Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18883/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran; 2) upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran; dan 3) pola Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berorientasi pada kualitatif-deskriptif (Qualitative Descriptive Design) dengan pendekatan tunggal terpancang yang terarah pada kasus tunggal yaitu kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Wonogiri. Objek penelitian adalah kinerja Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri I Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi data, pemeriksaan anggota dan pemeriksaan informan kunci. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan melalui berbagai kebijakan yang mendukung terciptanya pembelajaran berkualitas. Hal ini dilakukan untuk mencapai visi sekolah sebagai sekolah bertaraf internasional; 2) Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan dengan meningkatkan profesionalisme guru. Cara-cara tersebut antara lain melalui pemberian motivasi, peningkatan kompetensi melalui pelatihan, dan pemberian insentif, serta melalui pemberian sanksi bagi guru yang kurang disiplin, serta melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran yang masih kurang; dan 3) Pola Kepala SMP Negeri I Wonogiri dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan melakukan analisis terhadap faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Faktor penghambat dan pendukung tersebut berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa faktor yang berasal dari diri guru itu sendiri, sedangkan faktor eksternal berupa faktor yang berasal dari luar diri guru.
id IOS2728.18883
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:29Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:32Z
recordtype dc
_version_ 1765810717683875840
score 17.538404