Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan karakteristik tata ruang laboratorium bahasa di SD Negeri II Baturetno Kabupaten Wonogiri, (2) mendeskripsikan karakteristik pengadaan alat dan bahan laboratorium bahasa di SD Negeri II Baturetno Kabupaten Wonogiri, (3) mendeskripsikan karakteristik pelaporan kegiatan laboratorium bahasa di SD Negeri II Baturetno Kabupaten Wonogiri, (4) mendeskripsikan dampak keberadaan laboratorium bahasa di SD Negeri II Baturetno Kabupaten Wonogiri terhadap kegiatan pembelajaran bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti mengambil lokasi di SD Negeri II Baturetno Kabupaten Wonogiri, yang beralamat di Jalan Baturetno No. 6 Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Penelitian ini menghasilkan: (1) luas ruangan laboratorium bahasa di SD Negeri II Baturetno didesain untuk menampung 20 siswa, dilengkapi dengan perabot laboratorium dengan berbagai perlengkapan elektronik berupa repeater language learning machine lengkap dengan headset untuk meja siswa dan dirancang kedap suara, (2) pengadaan alat dan bahan direncanakan pada akhir tahun pembelajaran oleh guru, yang selanjutnya dirapatkan dengan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana untuk dibahas. Prosedur pengadaan alat dan bahan laboratorium bahasa dilakukan oleh penyedia barang dengan cara mengajukan penawaran, (3) laporan disusun oleh koordinator laboratorium bahasa, berisikan rangkuman informasi singkat tentang pelaksanaan kegiatan di laboratorium bahasa dan pengelolaan laboratorium bahasa (keamanan, kebersihan, dan perawatan/ pemeliharaan alat-alat) dan rangkuman informasi pelaksanaan dan pengelolaan laboratorium laporan juga berisikan tentang kerugian yang diderita laboratorium bahasa sampai akhir semester, (4) adanya laboratorium bahasa para siswa berdampak positif pada minat siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa, siswa lebih termotivasi untuk lebih mendalami bahasa terutama bahasa asing, prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa meningkat.