Perbandingan Hasil Belajar Ipa Biologi Menggunakan Strategi Group To Group Exchange Dan Poster Session Pada Pokok Bahasan Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas Viii Smp Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: WIDODO , FARUQ NAJEDI TRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18724/1/HALAMAN_DEPAN_FARUQ.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18724/3/BAB_I_FARUQ.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18724/5/BAB_II_FARUQ.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18724/9/BAB_III_FARUQ.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18724/11/BAB_IV_FARUQ.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18724/13/BAB_V_FARUQ.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18724/17/DAFTAR_PUSTAKA_FARUQ.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18724/24/Binder2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18724/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar IPA biologi antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Group to group exchange dan Poster session pada pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan antara strategi pembelajaran Group to group exchange dan strategi pembelajaran Poster session. Penelitian diukur dengan menggunakan aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Group to group exchange (70,56) dan rata-rata kelas diajar yang menggunakan strategi pembelajaran Poster session (68,67). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA Biologi antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Group to group exchange dan strategi pembelajaran Poster session pada pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2011/ 2012 (thitung < ttabel = 0,99 > 2) pada taraf signifikasi 5%.