Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Sukmawati, Wareh |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18718/1/2%29_Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/4/3%29_Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/5/4%29_Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/10/5%29_Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/13/6%29_Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/16/7%29_Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/19/8%29_Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/20/10%29_Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/ |
ctrlnum |
18718 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18718/</relation><title>Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual
Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Sukmawati, Wareh </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan dan Kerja Kelompok
pada siswa yang berjumlah 31. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, lembar kerja siswa, tes, dan dokumentasi. Instrumen soal tes terdiri dari
20 soal valid dengan koefisien korelasi sebesar r11= 0,670 dan r11= 0,682. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) aplikasi pembelajaran pendekatan
kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa yang meliputi: (a) aspek kognitif pada siklus I sebesar 90,31% menjadi 96,77% pada siklus II; (b) aspek afektif pada siklus I sebesar
81,46% menjadi 100% pada siklus II. 2) peran aktif siswa pada proses belajar mengajar dalam bentuk kerja kelompok dengan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang
ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 24,89%. </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/1/2%29_Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/4/3%29_Bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/5/4%29_Bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/10/5%29_Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/13/6%29_Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/16/7%29_Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/19/8%29_Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/20/10%29_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Sukmawati, Wareh (2012) Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080091</relation><recordID>18718</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sukmawati, Wareh |
title |
Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual
Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/18718/1/2%29_Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/4/3%29_Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/5/4%29_Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/10/5%29_Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/13/6%29_Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/16/7%29_Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/19/8%29_Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/20/10%29_Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/18718/ |
contents |
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan dan Kerja Kelompok
pada siswa yang berjumlah 31. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, lembar kerja siswa, tes, dan dokumentasi. Instrumen soal tes terdiri dari
20 soal valid dengan koefisien korelasi sebesar r11= 0,670 dan r11= 0,682. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) aplikasi pembelajaran pendekatan
kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa yang meliputi: (a) aspek kognitif pada siklus I sebesar 90,31% menjadi 96,77% pada siklus II; (b) aspek afektif pada siklus I sebesar
81,46% menjadi 100% pada siklus II. 2) peran aktif siswa pada proses belajar mengajar dalam bentuk kerja kelompok dengan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang
ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 24,89%. |
id |
IOS2728.18718 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:24Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810716910026752 |
score |
17.538404 |