Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Sukmawati, Wareh
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18718/1/2%29_Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/4/3%29_Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/5/4%29_Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/10/5%29_Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/13/6%29_Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/16/7%29_Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/19/8%29_Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/20/10%29_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/
ctrlnum 18718
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18718/</relation><title>Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual&#xD; Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Sukmawati, Wareh </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan dan Kerja Kelompok&#xD; pada siswa yang berjumlah 31. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, lembar kerja siswa, tes, dan dokumentasi. Instrumen soal tes terdiri dari&#xD; 20 soal valid dengan koefisien korelasi sebesar r11= 0,670 dan r11= 0,682. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) aplikasi pembelajaran pendekatan&#xD; kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa yang meliputi: (a) aspek kognitif pada siklus I sebesar 90,31% menjadi 96,77% pada siklus II; (b) aspek afektif pada siklus I sebesar&#xD; 81,46% menjadi 100% pada siklus II. 2) peran aktif siswa pada proses belajar mengajar dalam bentuk kerja kelompok dengan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang&#xD; ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 24,89%. </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/1/2%29_Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/4/3%29_Bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/5/4%29_Bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/10/5%29_Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/13/6%29_Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/16/7%29_Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/19/8%29_Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18718/20/10%29_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Sukmawati, Wareh (2012) Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080091</relation><recordID>18718</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sukmawati, Wareh
title Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/18718/1/2%29_Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/4/3%29_Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/5/4%29_Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/10/5%29_Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/13/6%29_Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/16/7%29_Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/19/8%29_Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/20/10%29_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18718/
contents Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan dan Kerja Kelompok pada siswa yang berjumlah 31. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, lembar kerja siswa, tes, dan dokumentasi. Instrumen soal tes terdiri dari 20 soal valid dengan koefisien korelasi sebesar r11= 0,670 dan r11= 0,682. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) aplikasi pembelajaran pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa yang meliputi: (a) aspek kognitif pada siklus I sebesar 90,31% menjadi 96,77% pada siklus II; (b) aspek afektif pada siklus I sebesar 81,46% menjadi 100% pada siklus II. 2) peran aktif siswa pada proses belajar mengajar dalam bentuk kerja kelompok dengan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 24,89%.
id IOS2728.18718
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:24Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:25Z
recordtype dc
_version_ 1765810716910026752
score 17.538404