Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Tentang Gaya Dan Gerak Melalui Strategi Pembelajaran Toys Dan Trick Pada Siswa Kelas V SD Negeri Mojosari Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Armiyanto, Wari Widi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18550/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18550/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18550/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18550/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18550/5/06._Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18550/6/07._Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18550/7/08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18550/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18550/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA tentang gaya dan gerak melalui strategi pembelajaran toys dan trick pada siswa kelas V SD Negeri Mojosari tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 15 siswa..Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD tersebut. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan trategi pembelajaran toys dan trick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri Mojosari tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 60% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 86,66% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 93,33% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah Strategi pembelajaran toys dan trick pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas V SD Negeri Mojosari tahun pelajaran 2011/2012