Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Permainan Congklak (Dakon) Pada Anak Lamban Belajar Kelas 1 SDN 01 Jatimulyo Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Sutarman, Sutarman |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18549/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18549/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18549/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18549/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18549/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18549/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18549/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18549/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18549/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah yaitu : Apakah dengan menggunakan permainan dakon/congklak dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada anak lamban belajar bagi siswa kelas 1 SD Negeri 01 Jatimulyo tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada anak lamban belajar bagi siswa kelas 1 SDN 01 Jatimulyo tahun pelajaran 2011/2012 melalui permainan dakon. Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada anak lamban belajar bagi siswa kelas 1 dengan penggunaan permainan dakon/congklak. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu : lembar observasi, daftar kelas 1 SDN 01 Jatimulyo, daftar nilai. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 56, siklus II 57, siklus III 75,2. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan dakon/congklak dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada anak lamban belajar bagi siswa kelas 1 SD Negeri 01 Jatimulyo Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.