Penerapan Strategi Genius Learning Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Kemiri Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Prastiwi, Dini Putri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18546/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18546/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18546/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18546/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18546/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18546/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18546/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18546/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18546/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas IV SD melalui penerapan strategi genius learning . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 3 Kemiri Boyolali yang terdiri dari 21 siswa, dimana 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan obyek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi penyidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau penguatan untuk pengecekan kembali derajad kepercayaan data. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Banyaknya siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 14,28% sesudah tindakan meningkat menjadi 85,71%.2). Banyaknya siswa dalam mengerjakan soal-soal di depan kelas, sebelum tindakan sebesar 12,04%, sesudah tindakan meningkat menjadi 80,95%. 3). Banyaknya siswa yang aktif mengemukakan ide atau pendapat, sebelum tindakan sebesar 14,28%, sesudah tindakan meningkat menjadi 76,19%. 4). Banyaknya siswa yang aktif menjawab pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 28,57%, sesudah tindakan meningkat menjadi 90,47%. 5). Banyaknya siswa yang aktif menyanggah atau menyetujui ide teman, sebelum tindakan sebesar 23,80%, sesudah tindakan meningkat menjadi 95,23%. Kesimpulan Penelitian ini adalah Penerapan strategi genius learning dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Kemiri 3 Boyolali tahun ajaran 2011/2012.