ctrlnum 18329
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18329/</relation><title>Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Kesiswaan Kasus Di Smp Islam Al Azhar 21 Solo Baru&#xD; &#xD; </title><creator>WIDANINGSIH, AMYLLIANA </creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><subject>L Education (General)</subject><description>Program peningkatan kualitas pendidikan yang selama ini berjalan merupakan tujuan dunia pendidikan. Tujuan pendidikan pada dasarnya meliputi prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik, tercapainya integritas&#xD; moral, serta terbentuknya karakter yang baik pada siswa. Agar tujuan pendidikan tercapai maka kepala sekolah perlu mengarahkan, mendorong, membimbing, memotivasi, dan menggerakkan para guru, siswa, tenaga kependidikan serta orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam manajemen kesiswaan kasus di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru. Hal ini menjadi penting karena pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam memimpin&#xD; sekolah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam segala kegiatan agar tercapai secara optimal, efektif dan efisien. Keberhasilan kegiatan siswa ditentukan kepada kualitas guru dan sarana prasarana yang ada. Maka manajemen&#xD; kesiswaan juga harus dikelola sedemikian rupa, karena tujuan sekolah didirikan, kurikulum disusun, dan guru diangkat serta sarana prasarana pendidikan diadakan&#xD; semuanya untuk kepentingan siswa. Oleh sebab itu, sekolah perlu memiliki pemimpin yang berkepribadian kuat, memahami tujuan pendidikan dengan baik, memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki ketrampilan professional sehingga&#xD; dapat melaksanakan tugasnya sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara langsung untuk memaparkan kondisi dan aktivitas yang ada dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu&#xD; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode induktif dan metode deduktif. Hasil penelitian yang didapat, peneliti menyimpulkan bahwa kepala sekolah di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dapat berperan dalam manajemen kesiswaan, mulai dari; perencanaan kesiswaan, penerimaan siswa baru, pengorganisasian siswa baru, pembinaan dan pelayanan siswa, organisasi sekolah, penilaian siswa, serta mutasi dan alumni. Sebagai dirijen kepala sekolah SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dapat melaksanakan tugasnya sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator (EMASLIM) dalam kegiatan manajemen kesiswaan, indikatornya; sebagai sekolah yang baru berdiri selama 3 tahun siswa dapat meraih prestasi akademik dan non akademik.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18329/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18329/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18329/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18329/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18329/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18329/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18329/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18329/22/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WIDANINGSIH, AMYLLIANA (2012) Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Kesiswaan Kasus Di Smp Islam Al Azhar 21 Solo Baru. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000090022</relation><recordID>18329</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WIDANINGSIH, AMYLLIANA
title Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Kesiswaan Kasus Di Smp Islam Al Azhar 21 Solo Baru
publishDate 2012
topic BP Islam. Bahaism. Theosophy
etc
L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/18329/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18329/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18329/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18329/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18329/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18329/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18329/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18329/22/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18329/
contents Program peningkatan kualitas pendidikan yang selama ini berjalan merupakan tujuan dunia pendidikan. Tujuan pendidikan pada dasarnya meliputi prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik, tercapainya integritas moral, serta terbentuknya karakter yang baik pada siswa. Agar tujuan pendidikan tercapai maka kepala sekolah perlu mengarahkan, mendorong, membimbing, memotivasi, dan menggerakkan para guru, siswa, tenaga kependidikan serta orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam manajemen kesiswaan kasus di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru. Hal ini menjadi penting karena pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam memimpin sekolah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam segala kegiatan agar tercapai secara optimal, efektif dan efisien. Keberhasilan kegiatan siswa ditentukan kepada kualitas guru dan sarana prasarana yang ada. Maka manajemen kesiswaan juga harus dikelola sedemikian rupa, karena tujuan sekolah didirikan, kurikulum disusun, dan guru diangkat serta sarana prasarana pendidikan diadakan semuanya untuk kepentingan siswa. Oleh sebab itu, sekolah perlu memiliki pemimpin yang berkepribadian kuat, memahami tujuan pendidikan dengan baik, memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki ketrampilan professional sehingga dapat melaksanakan tugasnya sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara langsung untuk memaparkan kondisi dan aktivitas yang ada dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode induktif dan metode deduktif. Hasil penelitian yang didapat, peneliti menyimpulkan bahwa kepala sekolah di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dapat berperan dalam manajemen kesiswaan, mulai dari; perencanaan kesiswaan, penerimaan siswa baru, pengorganisasian siswa baru, pembinaan dan pelayanan siswa, organisasi sekolah, penilaian siswa, serta mutasi dan alumni. Sebagai dirijen kepala sekolah SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dapat melaksanakan tugasnya sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator (EMASLIM) dalam kegiatan manajemen kesiswaan, indikatornya; sebagai sekolah yang baru berdiri selama 3 tahun siswa dapat meraih prestasi akademik dan non akademik.
id IOS2728.18329
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:05Z
recordtype dc
_version_ 1765810600165769216
score 17.538404