ctrlnum 18328
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18328/</relation><title>Kompetensi Pedagogik Guru Yang Bersertifikasi Di MTs Nurul Ikhsan Sengon Wetan Purwodadi&#xD; &#xD; </title><creator>EKOFITRIYATI, DYAH</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Mengingat keberadaan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat penting, maka sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan. Banyak faktor-faktor yang melatar belakangi rendahnya penghargaan profesi guru oleh pemerintah diantaranya gaji&#xD; yang masih sangat rendah dan kecilnya tunjangan. Banyak ditemukan guru di institusi sekolah negeri sering meninggalkan muridnya dengan memberikan tugas. Bahkan banyak guru yang ijin mengajar dengan alasan yang kurang jelas. Hal yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru yang bersertifikasi di MTs Nurul Ikhsan Sengonwetan Purwodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan&#xD; merencanakan proses belajar mengajar guru yang bersertifikasi, untuk mendeskripsikan kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar guru yang bersertifikasi, dan untuk mendeskripsikan kemampuan melaksanakan penilaian proses belajar mengajar guru yang bersertifikasi di MTs Nurul Ikhsan Sengonwetan Purwodadi.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang dilengkapi dengan pengolahan dan analisis data dengan rumus: F Relatif kelas ke-1 = (mutlak) f kelas in&#x2212;x100% Adapun pendekatan yang digunakan adalah survey dengan metode field research (penelitian lapangan). Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian (observasi) langsung ke tempat yang dijadikan objek penelitian yakni di MTs Nurul Ikhsan Sengonwetan Purwodadi. Untuk memperoleh data seperti ini digunakan metode&#xD; kuesioner (angket), studi dokumentasi, observasi. Dalam kompetensi pedagogik dimana ukurannya adalah kemampuan menyusun rencana pembelajaran, kemampuan melaksanakan belajar mengajar, dan kemampuan melaksanakan penilaian proses belajar mengajar. Dari hasil penilaian murid terhadap guru 1 sampai guru 7 dalam kompetensi pedagogik guru yang bersertifikasi menunjukkan bahwa kemampuan&#xD; menyusun rencana pembelajaran, kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar, dan kemampuan melaksanakan penilaian proses belajar mengajar diketahui paling banyak sering melaksanakan proses menyusun rencana pembelajaran, rata-rata dengan predikat baik dan skor penilaian tertinggi sampai 100%, dengan demikian semua siswa menjawab baik. Hasil pembelajaran guru yang telah memiliki sertifikasi dalam kemampuan pedagogik, memiliki kemampuan cukup&#xD; baik dalam pelaksanaan pembelajaran maupun administrasi pembelajarannya. Sebagian besar guru yang telah sersertifikasi sering melakukan atau melaksanakan&#xD; kegiatan pokok dalam pembelajaran sesuai dengan kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensinya.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18328/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18328/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18328/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18328/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18328/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18328/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18328/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18328/12/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> EKOFITRIYATI, DYAH (2012) Kompetensi Pedagogik Guru Yang Bersertifikasi Di MTs Nurul Ikhsan Sengon Wetan Purwodadi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000070033</relation><recordID>18328</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author EKOFITRIYATI, DYAH
title Kompetensi Pedagogik Guru Yang Bersertifikasi Di MTs Nurul Ikhsan Sengon Wetan Purwodadi
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/18328/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18328/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18328/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18328/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18328/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18328/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18328/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18328/12/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18328/
contents Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Mengingat keberadaan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat penting, maka sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan. Banyak faktor-faktor yang melatar belakangi rendahnya penghargaan profesi guru oleh pemerintah diantaranya gaji yang masih sangat rendah dan kecilnya tunjangan. Banyak ditemukan guru di institusi sekolah negeri sering meninggalkan muridnya dengan memberikan tugas. Bahkan banyak guru yang ijin mengajar dengan alasan yang kurang jelas. Hal yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru yang bersertifikasi di MTs Nurul Ikhsan Sengonwetan Purwodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan merencanakan proses belajar mengajar guru yang bersertifikasi, untuk mendeskripsikan kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar guru yang bersertifikasi, dan untuk mendeskripsikan kemampuan melaksanakan penilaian proses belajar mengajar guru yang bersertifikasi di MTs Nurul Ikhsan Sengonwetan Purwodadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang dilengkapi dengan pengolahan dan analisis data dengan rumus: F Relatif kelas ke-1 = (mutlak) f kelas in−x100% Adapun pendekatan yang digunakan adalah survey dengan metode field research (penelitian lapangan). Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian (observasi) langsung ke tempat yang dijadikan objek penelitian yakni di MTs Nurul Ikhsan Sengonwetan Purwodadi. Untuk memperoleh data seperti ini digunakan metode kuesioner (angket), studi dokumentasi, observasi. Dalam kompetensi pedagogik dimana ukurannya adalah kemampuan menyusun rencana pembelajaran, kemampuan melaksanakan belajar mengajar, dan kemampuan melaksanakan penilaian proses belajar mengajar. Dari hasil penilaian murid terhadap guru 1 sampai guru 7 dalam kompetensi pedagogik guru yang bersertifikasi menunjukkan bahwa kemampuan menyusun rencana pembelajaran, kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar, dan kemampuan melaksanakan penilaian proses belajar mengajar diketahui paling banyak sering melaksanakan proses menyusun rencana pembelajaran, rata-rata dengan predikat baik dan skor penilaian tertinggi sampai 100%, dengan demikian semua siswa menjawab baik. Hasil pembelajaran guru yang telah memiliki sertifikasi dalam kemampuan pedagogik, memiliki kemampuan cukup baik dalam pelaksanaan pembelajaran maupun administrasi pembelajarannya. Sebagian besar guru yang telah sersertifikasi sering melakukan atau melaksanakan kegiatan pokok dalam pembelajaran sesuai dengan kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensinya.
id IOS2728.18328
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:05Z
recordtype dc
_version_ 1765810600161574912
score 17.538404