Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Mahbub, Muhammad Saiful |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/8/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/ |
ctrlnum |
18314 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18314/</relation><title>Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>Mahbub, Muhammad Saiful</creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><description>Sertifikasi merupakan salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan
profesionalisme kinerja guru dalam mengemban amanat sebagai pendidik dalam
satuan pendidikan. Guru yang benar-benar memiliki kompetensi, maka ia akan
memiliki kinerja yang baik.. Hal inilah yang dilakukan oleh guru di SD Negeri
Sendangwungu 2 Kecamatan Baanjarejo, Kabupaten Blora bahwa beberapa
diantara guru yang ada telah mengikuti sertifikasi guna meningkatkan kinerjanya.
SD Negeri Sendangwungu 2 merupakan salah satu sekolah yang
mengutamakan kualitas pendidikan, sehingga guru-guru di SD Negeri
Sendangwungu 2 tersebut diberi fasilitas berupa sarana dan prasarana serta
pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai tenaga
pendidik. Dari sinilah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait usaha
peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan
Banjarejo. Dengan demikian penulis mengambil judul “Dampak Sertifikasi
Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo
Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah dampak
sertifikasi terhadap kinerja guru di SDN Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo
Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012, serta faktor pendukung dan faktor
penghambatnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dampak sertifikasi terhadap kinerja guru di SDN Sendangwungu 2 Kecamatan
Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012, serta mendekripsikan
faktor pendukung dan faktor penghambat sertifikasi terhadap kinerja guru
tersebut. Jenis penelitian ini adalah lapangan, dengan 4 orang guru dan kepala
sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
wawancara, dokumentasi dan observasi.
Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskripsi
kualitatif, maka diperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan Sertifikasi Guru SD Negeri
Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora dilaksanakan dibawah
naungan Pendidikan Nasional (Diknas) dan Kementerian Agama. 2) Dampak
Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan
Banjarejo Kabupaten Blora meliputi Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan
Pembelajaran, Penggunaan Media, dan Evaluasi/penilain pembelajaran. 3) Faktorfaktor
yang mempengaruhi kinerja guru di SD Negeri Sendangwungu 2 meliputi:
Pertama, faktor internal, yaitu Motivasi, kemampuan dan kecakapan yang
dimiliki oleh guru dan kepribadian. Kedua, faktor eksternal : gaji, suasana
lingkungan kerja, penghargaan bagi guru yang berprestasi, dan sarana yang
menunjang.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18314/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18314/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18314/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18314/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18314/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18314/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18314/8/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf</identifier><identifier> Mahbub, Muhammad Saiful (2012) Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000070138</relation><recordID>18314</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Mahbub, Muhammad Saiful |
title |
Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
BP Islam. Bahaism. Theosophy etc |
url |
http://eprints.ums.ac.id/18314/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/8/LAMPIRAN_BELAKANG.pdf http://eprints.ums.ac.id/18314/ |
contents |
Sertifikasi merupakan salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan
profesionalisme kinerja guru dalam mengemban amanat sebagai pendidik dalam
satuan pendidikan. Guru yang benar-benar memiliki kompetensi, maka ia akan
memiliki kinerja yang baik.. Hal inilah yang dilakukan oleh guru di SD Negeri
Sendangwungu 2 Kecamatan Baanjarejo, Kabupaten Blora bahwa beberapa
diantara guru yang ada telah mengikuti sertifikasi guna meningkatkan kinerjanya.
SD Negeri Sendangwungu 2 merupakan salah satu sekolah yang
mengutamakan kualitas pendidikan, sehingga guru-guru di SD Negeri
Sendangwungu 2 tersebut diberi fasilitas berupa sarana dan prasarana serta
pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai tenaga
pendidik. Dari sinilah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait usaha
peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan
Banjarejo. Dengan demikian penulis mengambil judul “Dampak Sertifikasi
Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo
Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah dampak
sertifikasi terhadap kinerja guru di SDN Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo
Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012, serta faktor pendukung dan faktor
penghambatnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dampak sertifikasi terhadap kinerja guru di SDN Sendangwungu 2 Kecamatan
Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012, serta mendekripsikan
faktor pendukung dan faktor penghambat sertifikasi terhadap kinerja guru
tersebut. Jenis penelitian ini adalah lapangan, dengan 4 orang guru dan kepala
sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
wawancara, dokumentasi dan observasi.
Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskripsi
kualitatif, maka diperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan Sertifikasi Guru SD Negeri
Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora dilaksanakan dibawah
naungan Pendidikan Nasional (Diknas) dan Kementerian Agama. 2) Dampak
Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan
Banjarejo Kabupaten Blora meliputi Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan
Pembelajaran, Penggunaan Media, dan Evaluasi/penilain pembelajaran. 3) Faktorfaktor
yang mempengaruhi kinerja guru di SD Negeri Sendangwungu 2 meliputi:
Pertama, faktor internal, yaitu Motivasi, kemampuan dan kecakapan yang
dimiliki oleh guru dan kepribadian. Kedua, faktor eksternal : gaji, suasana
lingkungan kerja, penghargaan bagi guru yang berprestasi, dan sarana yang
menunjang. |
id |
IOS2728.18314 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810600101806080 |
score |
17.538404 |