ctrlnum 18313
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18313/</relation><title>Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur&#x2019;an Anak Di SD Al Irsyad Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 </title><creator> ABDULLAH AS SYAFI&#x2019;I, MUHAMMAD</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Sekolah dan orang tua mempunyai tanggung jawab untuk membimbing anak didiknya. Tetapi tanggung jawab sekolah berbeda dengan tanggung jawab orang tua di rumah. Tanggung jawb orang tua adalah mendidik anak dirumah. Kalaupun tugas dan tanggung jawab orang tua dilimpahklan kepada guru di sekolah. Akan tetapi tugas guru hanya membantu orang tua dan bukan mengambil alih tanggung jawab orang tua sepenuhnya. Sekolah Dasar islam al Irsyad Surakarta berusaha mencetak generasi yang mampu hafal Al-Qur&#x2019;an minimal 1 juz. Anak Menghafal Al-Qur&#x2019;an dibiasakan sejak dini yaitu dari kelas satu sampai kelas enam.&#xD; Berdasarkan latar berlakang tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur&#x2019;an anak di Sekolah Dasar al Irsyad Surakarta?, Apa pendorong dan penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur&#x2019;an anak?.&#xD; Berkaiatan dengan masalah yang dirumuskan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur&#x2019;an siswa siswi SD al Irsyad Surakarta dan yang menjadi pendorong dan penghambat peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur&#x2019;an anak di Sekolah Dasar al Irsyad Surakarta. Dengan tujuan tersebut diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk menambah sumbangan pemikiran bagi pengembangan pendidikan dan aktivitas sekolah dan serta sebagai bahan evaluasi terhadap orang tua yang menjalankan perannya.&#xD; Searah dengan tujuan penelitian tersebut maka jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview/wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif dan menggunakan cara pentahapan secara berurutan serta interaksionis.&#xD; Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur&#x2019;an anak di sekolah dasar al Irsyad Surakarta sebagai berikut : 1. pengontrol hafalan Al-Qur&#x2019;an anak, 2. pembimbing anak menghafal Al-Qur&#x2019;an. Dalam membimbing menghafal untuk meningkatkan hafalan Al-Qur&#x2019;an orang tua menggunakan beberapa metode di antaranya : a. membaca sebelum mulai menghafal, b. istikror, c. menghafal ayat-perayat, d. menggunakan alat teknologi dalam mengajarkan hafalan Al-Qur&#x2019;an, e. menciptakan lingkungan yang kondusif, memprogram hafalan Al-Qur&#x2019;an anak, f. memotivasi.&#xD; Adapun pendorong dan penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur&#x2019;an anak di sekolah dasar al Irsyad Surakarta adalah sebagai berikut yang menjadi pendorong : 1. mendambakan anak yang shalih dan shalihah, 2. menginginkan tercapainya target yang telah ditetapkan oleh sekolah, 3. kemampuan orang tua membaca Al-Qur&#x2019;an, 4. faktor ekonomi yang cukup, 5. kondusif lingkungan rumah dan masyarakat. Sedangkan yang menjadi penghambat peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur&#x2019;an anak adalah 1. minimnya kemampuan dan pengetahuan orang tua tentang Al-Qur&#x2019;an, sibuk mencari nafkah dan malas.&#xD; Kata kunci: hafalan, peran orang tua, kerjasama antara orang tua dan sekolah</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18313/1/HALAMAN_DEPAN</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18313/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18313/5/BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18313/8/BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18313/10/BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18313/14/BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18313/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18313/19/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ABDULLAH AS SYAFI&#x2019;I, MUHAMMAD (2012) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur&#x2019;an Anak Di SD Al Irsyad Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000070112</relation><recordID>18313</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ABDULLAH AS SYAFI’I, MUHAMMAD
title Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak Di SD Al Irsyad Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/18313/1/HALAMAN_DEPAN
http://eprints.ums.ac.id/18313/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18313/5/BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18313/8/BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18313/10/BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18313/14/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18313/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18313/19/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18313/
contents Sekolah dan orang tua mempunyai tanggung jawab untuk membimbing anak didiknya. Tetapi tanggung jawab sekolah berbeda dengan tanggung jawab orang tua di rumah. Tanggung jawb orang tua adalah mendidik anak dirumah. Kalaupun tugas dan tanggung jawab orang tua dilimpahklan kepada guru di sekolah. Akan tetapi tugas guru hanya membantu orang tua dan bukan mengambil alih tanggung jawab orang tua sepenuhnya. Sekolah Dasar islam al Irsyad Surakarta berusaha mencetak generasi yang mampu hafal Al-Qur’an minimal 1 juz. Anak Menghafal Al-Qur’an dibiasakan sejak dini yaitu dari kelas satu sampai kelas enam. Berdasarkan latar berlakang tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak di Sekolah Dasar al Irsyad Surakarta?, Apa pendorong dan penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak?. Berkaiatan dengan masalah yang dirumuskan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa siswi SD al Irsyad Surakarta dan yang menjadi pendorong dan penghambat peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak di Sekolah Dasar al Irsyad Surakarta. Dengan tujuan tersebut diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk menambah sumbangan pemikiran bagi pengembangan pendidikan dan aktivitas sekolah dan serta sebagai bahan evaluasi terhadap orang tua yang menjalankan perannya. Searah dengan tujuan penelitian tersebut maka jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview/wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif dan menggunakan cara pentahapan secara berurutan serta interaksionis. Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak di sekolah dasar al Irsyad Surakarta sebagai berikut : 1. pengontrol hafalan Al-Qur’an anak, 2. pembimbing anak menghafal Al-Qur’an. Dalam membimbing menghafal untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an orang tua menggunakan beberapa metode di antaranya : a. membaca sebelum mulai menghafal, b. istikror, c. menghafal ayat-perayat, d. menggunakan alat teknologi dalam mengajarkan hafalan Al-Qur’an, e. menciptakan lingkungan yang kondusif, memprogram hafalan Al-Qur’an anak, f. memotivasi. Adapun pendorong dan penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak di sekolah dasar al Irsyad Surakarta adalah sebagai berikut yang menjadi pendorong : 1. mendambakan anak yang shalih dan shalihah, 2. menginginkan tercapainya target yang telah ditetapkan oleh sekolah, 3. kemampuan orang tua membaca Al-Qur’an, 4. faktor ekonomi yang cukup, 5. kondusif lingkungan rumah dan masyarakat. Sedangkan yang menjadi penghambat peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an anak adalah 1. minimnya kemampuan dan pengetahuan orang tua tentang Al-Qur’an, sibuk mencari nafkah dan malas. Kata kunci: hafalan, peran orang tua, kerjasama antara orang tua dan sekolah
id IOS2728.18313
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:05Z
recordtype dc
_version_ 1765810600096563200
score 17.538404