ctrlnum 18311
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18311/</relation><title>Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati&#xD; (Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta&#xD; Tahun Pelajaran 2011/2012)&#xD; </title><creator>Islamiyati, Nurul</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Pesantren memiliki peranan penting dalam sejarah pendidikan di tanah air dan telah banyak memberikan sumbangan dalam mencerdaskan rakyat. Hal ini mengharuskan pesantren untuk menerapkan pengasuhan sedemikian rupa sehingga dapat mengoptimalkan proses pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan untuk menyiapkan lulusan pesantren yang&#xD; berkualitas serta memiliki keunggulan, baik keunggulan kompetitif maupun komparatif. Hal ini pula yang dilakukan Pondok Pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta. Dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih&#xD; lanjut Tentang Hubungan Antara Pengasuhan dan Motivasi Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Ta&#x2019;mirul Islam. Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan yaitu: untuk menambah khasanah keilmuan bagi penulis tentang&#xD; hubungan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati, serta untuk memberikan sumbangan saran dan pemikiran bagi para pengasuh di Pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ganda yang memadukan dua pendekatan yakni kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari angket yang disebar kepada santriwati, sedangkan data kualitatif diambil dari angket dan observasi lapangan. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati di&#xD; pondok pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil ini didukung oleh hasil analisis statistik dengan r hitung sebesar 0.511 &gt; dari r tabel sebesar 0.312. Sedangkan hasil penelitian kualitatif menunjukkan&#xD; bahwa pengasuhan santriwati yang dijalankan secara optimal akan memberikan sumbangan kepada santriwati dalam peningkatan belajar. Dari hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasikan saran kepada seluruh ustadzah tidak hanya memposisikan diri sebagai pendidik, akan tetapi memperlakukan diri sebagai pengasuh pula, sebab tugas&#xD; kepengasuhan tidak hanya berhenti pada kyai ataupun pihak tertentu yang menjadi bagiannya.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/7/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/11/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Islamiyati, Nurul (2012) Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati (Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000080145</relation><recordID>18311</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Islamiyati, Nurul
title Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati (Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/18311/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18311/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18311/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18311/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18311/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18311/7/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18311/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18311/11/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18311/
contents Pesantren memiliki peranan penting dalam sejarah pendidikan di tanah air dan telah banyak memberikan sumbangan dalam mencerdaskan rakyat. Hal ini mengharuskan pesantren untuk menerapkan pengasuhan sedemikian rupa sehingga dapat mengoptimalkan proses pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan untuk menyiapkan lulusan pesantren yang berkualitas serta memiliki keunggulan, baik keunggulan kompetitif maupun komparatif. Hal ini pula yang dilakukan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut Tentang Hubungan Antara Pengasuhan dan Motivasi Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan yaitu: untuk menambah khasanah keilmuan bagi penulis tentang hubungan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati, serta untuk memberikan sumbangan saran dan pemikiran bagi para pengasuh di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ganda yang memadukan dua pendekatan yakni kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari angket yang disebar kepada santriwati, sedangkan data kualitatif diambil dari angket dan observasi lapangan. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati di pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil ini didukung oleh hasil analisis statistik dengan r hitung sebesar 0.511 > dari r tabel sebesar 0.312. Sedangkan hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa pengasuhan santriwati yang dijalankan secara optimal akan memberikan sumbangan kepada santriwati dalam peningkatan belajar. Dari hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasikan saran kepada seluruh ustadzah tidak hanya memposisikan diri sebagai pendidik, akan tetapi memperlakukan diri sebagai pengasuh pula, sebab tugas kepengasuhan tidak hanya berhenti pada kyai ataupun pihak tertentu yang menjadi bagiannya.
id IOS2728.18311
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:05Z
recordtype dc
_version_ 1765810600088174592
score 17.538404