Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati (Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)
Main Author: | Islamiyati, Nurul |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18311/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/7/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/11/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/ |
ctrlnum |
18311 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18311/</relation><title>Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati
(Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta
Tahun Pelajaran 2011/2012)
</title><creator>Islamiyati, Nurul</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Pesantren memiliki peranan penting dalam sejarah pendidikan di tanah air dan telah banyak memberikan sumbangan dalam mencerdaskan rakyat. Hal ini mengharuskan pesantren untuk menerapkan pengasuhan sedemikian rupa sehingga dapat mengoptimalkan proses pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan untuk menyiapkan lulusan pesantren yang
berkualitas serta memiliki keunggulan, baik keunggulan kompetitif maupun komparatif. Hal ini pula yang dilakukan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih
lanjut Tentang Hubungan Antara Pengasuhan dan Motivasi Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan yaitu: untuk menambah khasanah keilmuan bagi penulis tentang
hubungan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati, serta untuk memberikan sumbangan saran dan pemikiran bagi para pengasuh di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ganda yang memadukan dua pendekatan yakni kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari angket yang disebar kepada santriwati, sedangkan data kualitatif diambil dari angket dan observasi lapangan. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati di
pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil ini didukung oleh hasil analisis statistik dengan r hitung sebesar 0.511 > dari r tabel sebesar 0.312. Sedangkan hasil penelitian kualitatif menunjukkan
bahwa pengasuhan santriwati yang dijalankan secara optimal akan memberikan sumbangan kepada santriwati dalam peningkatan belajar. Dari hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasikan saran kepada seluruh ustadzah tidak hanya memposisikan diri sebagai pendidik, akan tetapi memperlakukan diri sebagai pengasuh pula, sebab tugas
kepengasuhan tidak hanya berhenti pada kyai ataupun pihak tertentu yang menjadi bagiannya.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/7/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18311/11/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Islamiyati, Nurul (2012) Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati (Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000080145</relation><recordID>18311</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Islamiyati, Nurul |
title |
Hubungan Antara Pengasuhan Dan Motivasi Belajar Santriwati
(Studi Empirik di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta
Tahun Pelajaran 2011/2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/18311/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/7/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/11/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18311/ |
contents |
Pesantren memiliki peranan penting dalam sejarah pendidikan di tanah air dan telah banyak memberikan sumbangan dalam mencerdaskan rakyat. Hal ini mengharuskan pesantren untuk menerapkan pengasuhan sedemikian rupa sehingga dapat mengoptimalkan proses pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan untuk menyiapkan lulusan pesantren yang
berkualitas serta memiliki keunggulan, baik keunggulan kompetitif maupun komparatif. Hal ini pula yang dilakukan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih
lanjut Tentang Hubungan Antara Pengasuhan dan Motivasi Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan yaitu: untuk menambah khasanah keilmuan bagi penulis tentang
hubungan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati, serta untuk memberikan sumbangan saran dan pemikiran bagi para pengasuh di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian ganda yang memadukan dua pendekatan yakni kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari angket yang disebar kepada santriwati, sedangkan data kualitatif diambil dari angket dan observasi lapangan. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengasuhan dan motivasi belajar santriwati di
pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil ini didukung oleh hasil analisis statistik dengan r hitung sebesar 0.511 > dari r tabel sebesar 0.312. Sedangkan hasil penelitian kualitatif menunjukkan
bahwa pengasuhan santriwati yang dijalankan secara optimal akan memberikan sumbangan kepada santriwati dalam peningkatan belajar. Dari hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasikan saran kepada seluruh ustadzah tidak hanya memposisikan diri sebagai pendidik, akan tetapi memperlakukan diri sebagai pengasuh pula, sebab tugas
kepengasuhan tidak hanya berhenti pada kyai ataupun pihak tertentu yang menjadi bagiannya. |
id |
IOS2728.18311 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810600088174592 |
score |
17.538404 |