Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Prestasi Kerja Karyawan Di Pt. Solo Murni Cabang Boyolali
Main Author: | WAHYUNINGSIH , EKA PRASETYA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18270/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/ |
ctrlnum |
18270 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18270/</relation><title>Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Prestasi Kerja Karyawan Di Pt. Solo Murni Cabang Boyolali 
</title><creator>WAHYUNINGSIH , EKA PRASETYA </creator><subject>BF Psychology</subject><description>Prestasi kerja merupakan suatu hasil kerjabaik secara kualitas maupun kuantitas yang dapat dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya pada periode waktu tertentu dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan atau 
organisasi. Dengan adanya prestasi kerja yang tinggi maka akan memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan keberhasilan suatu perusahaan. Kepuasan kerja 
merupakan salah satu faktor penentu dari peningkatan prestasi kerja karyawan, selain kepuasan kerja ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi kerja antara lain persepsi, peran, sikap, kepribadian, dan motivasi. Karyawan yang puas akan lebih mungkin menganggap positif tentang perusahaan. Namun pada kenyataannya, di sebuah perusahaan - pe rusahaan masih sering ditemukan bahwa karyawanbelum mampu mencapai tingkat pekerjaan yang maksimal seperti masih banyak ditemukan karyawan pada jam kerja mengobrol, tidak masuk tanpa keterangan dan datang tidak tepat waktu. 
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja, seberapa besar sumbangan efektif antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja, mengetahui tingk at kepuasan kerja dan tingkat prestasi kerja karyawan serta mengetahui seberapa besar pengaruh aspek - aspek kepuasan kerja terhadap prestasi kerja karyawan. Hipotesis yang diajukan adalah ada 
hubungan positif antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Solo Murni Cabang Boyolali dengan ciri-ciri 
1) telah bekerja minimal satu tahun; 2) tingkat pendidikan minimal SLTP; 3) berusia 20 – 45 tahun. Subjek penelitia n berjumlah 100 orang . Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive non random sampling . 
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepuasan kerja dan data dokumentasi prestasi kerja karyawan. Tekni k analisis data yang digunakan adalah 
korelasi product moment . Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa korelasi product moment diperoleh r xy sebesar 0,576 dengan nilai Sig. 0,000 ( p < 0,01) hal ini berarti hipotesis yang diajukan penulis diterima yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja. Semakin tinggi kepuasan 
kerja maka semakin tinggi pula prestasi kerja dan sebaliknya. Peranan atau sumbangan efektif kepuasan kerja terhadap prestasi kerja sebesar 33,1% ditunjukkan oleh koefisien determinan R² (R Squared) sebesar 0,331.Hal ini 
berarti masih terdapat 66,9 % faktor - faktor lain untuk memprediksi terhadap munculnya prestasi kerja karyawan.Variabel kepuasan kerja mempunyai rerata 
empirik sebesar 143,83 dengan rerata hipotetik sebesar 117,5sedangkan variabel prestasi kerja memiliki rerata empirik sebesar 7,47. Hal ini menunjukkan bahwa 
tingkat kepuasan kerja dan prestasi kerja subjek penelitian tergolong tinggi. Aspek kepuasan kerja yang paling tinggi berpengaruh terhadap prestasi kerja yaitu aspek pengawasan dan yang paling rendah yaitu pekerjaan itu sendiri. </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18270/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18270/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18270/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18270/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18270/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18270/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18270/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18270/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WAHYUNINGSIH , EKA PRASETYA (2012) Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Prestasi Kerja Karyawan Di Pt. Solo Murni Cabang Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> F100080016</relation><recordID>18270</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
WAHYUNINGSIH , EKA PRASETYA |
title |
Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Prestasi Kerja Karyawan Di Pt. Solo Murni Cabang Boyolali |
publishDate |
2012 |
topic |
BF Psychology |
url |
http://eprints.ums.ac.id/18270/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18270/ |
contents |
Prestasi kerja merupakan suatu hasil kerjabaik secara kualitas maupun kuantitas yang dapat dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya pada periode waktu tertentu dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan atau
organisasi. Dengan adanya prestasi kerja yang tinggi maka akan memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan keberhasilan suatu perusahaan. Kepuasan kerja
merupakan salah satu faktor penentu dari peningkatan prestasi kerja karyawan, selain kepuasan kerja ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi kerja antara lain persepsi, peran, sikap, kepribadian, dan motivasi. Karyawan yang puas akan lebih mungkin menganggap positif tentang perusahaan. Namun pada kenyataannya, di sebuah perusahaan - pe rusahaan masih sering ditemukan bahwa karyawanbelum mampu mencapai tingkat pekerjaan yang maksimal seperti masih banyak ditemukan karyawan pada jam kerja mengobrol, tidak masuk tanpa keterangan dan datang tidak tepat waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja, seberapa besar sumbangan efektif antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja, mengetahui tingk at kepuasan kerja dan tingkat prestasi kerja karyawan serta mengetahui seberapa besar pengaruh aspek - aspek kepuasan kerja terhadap prestasi kerja karyawan. Hipotesis yang diajukan adalah ada
hubungan positif antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Solo Murni Cabang Boyolali dengan ciri-ciri
1) telah bekerja minimal satu tahun; 2) tingkat pendidikan minimal SLTP; 3) berusia 20 – 45 tahun. Subjek penelitia n berjumlah 100 orang . Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive non random sampling .
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepuasan kerja dan data dokumentasi prestasi kerja karyawan. Tekni k analisis data yang digunakan adalah
korelasi product moment . Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa korelasi product moment diperoleh r xy sebesar 0,576 dengan nilai Sig. 0,000 ( p < 0,01) hal ini berarti hipotesis yang diajukan penulis diterima yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja. Semakin tinggi kepuasan
kerja maka semakin tinggi pula prestasi kerja dan sebaliknya. Peranan atau sumbangan efektif kepuasan kerja terhadap prestasi kerja sebesar 33,1% ditunjukkan oleh koefisien determinan R2 (R Squared) sebesar 0,331.Hal ini
berarti masih terdapat 66,9 % faktor - faktor lain untuk memprediksi terhadap munculnya prestasi kerja karyawan.Variabel kepuasan kerja mempunyai rerata
empirik sebesar 143,83 dengan rerata hipotetik sebesar 117,5sedangkan variabel prestasi kerja memiliki rerata empirik sebesar 7,47. Hal ini menunjukkan bahwa
tingkat kepuasan kerja dan prestasi kerja subjek penelitian tergolong tinggi. Aspek kepuasan kerja yang paling tinggi berpengaruh terhadap prestasi kerja yaitu aspek pengawasan dan yang paling rendah yaitu pekerjaan itu sendiri. |
id |
IOS2728.18270 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810599668744192 |
score |
17.538404 |